PPWI Peduli Gelar Pelatihan Perakitan Komputer di Pondok Pesantren Quantum Idea Jatisampurna Bekasi - .

Breaking

Cari Berita

Selasa, 27 Desember 2022

PPWI Peduli Gelar Pelatihan Perakitan Komputer di Pondok Pesantren Quantum Idea Jatisampurna Bekasi


AENEWS9 COM
|Bekasi - Mengisi kegiatan jelang liburan akhir tahun 2022, PPWI Peduli Jawa Barat yang dikordinir oleh AS Widi mengadakan Roadshow Pelatihan Perakitan Komputer Dasar bagi puluhan santri Pondok Pesantren Quantum Idea Jatisampurna Kota Bekasi.

Kepala Sekolah MA Quantum Idea, HM Amin Tahmid, S.Ag, MM menyambut positif kegiatan ini. "Kami berharap ini awal yang baik dari pihak PPWI Peduli Jawa Barat untuk sinergi transfer ilmu utamanya di bidang IT dan Perakitan Komputer bagi santri Quantum Idea," ujarnya dihadapan tim PPWI Peduli dan peserta. 

Dengan dukungan Yayasan Amal Soleh Waqaf Umat dan Kencana Agung Sedayu Kreatif Indonesia, PPWI Peduli Jawa Barat membesut program Pendidikan berbasis santri dibidang IT dan Multimedia yang dimulai dari tanggal 26 Desember 2022 hingga 26 Desember 2023 dengan sasaran lembaga pendidikan baik Pondok Pesantren, Sekolah maupun lembaga swasta lainnya. "Kegiatan ini kami adakan untuk memberikan stimulus agar lembaga pendidikan bisa lebih bersinergi utamanya dengan beberapa program yang kami besut mulai bulan kemarin," papar AS Widi selaku inisiator program PPWI Peduli yang saat ini sinergi bareng ASW Foundation, Komunitas Muallaf Indonesia, Pondok Quran At Tawwabin Arifin, Yayasan Amal Soleh Waqaf Umat, PT Kaski, Gayatri Foundation, Pasukan Sunat, Kedai Santri dan DPN PPWI.

"Bukan langkah mudah untuk memulai hal ini apalagi ada 6 program yang akan kami gulirkan selama setahun, diantaranya adalah Ketahanan Pangan, Layanan kesehatan/Khitanan Massal, Sekolah Alam Jurnalistik dan Kampung Wisata, Penyuluhan Narkoba dan Media Centre Warga, Penguatan Pelaku UMKM, Program Magang dan beasiswa pendidikan yang semuanya bisa diakses masyarakat umum," ujarnya di hadapan awak media.

Untuk program Perakitan Komputer Tingkat Dasar ini diikuti sekitar 15 orang santri setingkat SMA yang nantinya dibuatkan Unit Usaha Santri di lingkungan Pondok Pesantren Quantum Idea.

"Kami berharap agar santri punya motivasi untuk berwirausaha sejak dini utamanya di bidang IT dan Multimedia. Saat ini divisi usaha yang sudah berjalan seperti penanaman dan penjualan kangkung, penjualan pisang tanduk dan kepok, sambel santri, sabun cair, dan es krim,"tukas HM Amin Tahmid selaku kepala sekolah MA Quantum Idea. 

"Semua usaha dimulai dari bawah agar berproses di kalangan santri dan bisa jadi pengalaman mereka ketika lulus nantinya dan dibawa ke daerahnya masing-masing," paparnya lagi.

Dalam kegiatan perdana ini menghadirkan narasumber AS Widi selaku inisiator program dengan pemaparan Visi dan Misi PPWI di bidang pendidikan serta pemanfaatan Aplikasi untuk warga sekitar santri serta narasumber kedua bapak Muhammad Yusuf Nakhrudin selaku tim IT Yayasan Amal Soleh Waqaf Umat dengan materi Perakitan Komputer Tingkat Dasar dan Pengenalan Hardware serta Software nya. 

Kegiatan pelatihan ini dibagi 3 kelompok (5 orang), yaitu Kelompok Abu Sofyan yang diketuai Asnawi Amin, Kelompok Kholid bin Walid yang diketuai Muhammad Adhol dan Kelompok Abu Dardah yang diketuai Aedin.

"Saya sangat terharu melihat antusias santri yang ingin terus belajar walau dalam suasana libur," papar Muhammad Yusuf Nakhrudin selaku trainer IT. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Pengasuh Pondok Pesantren Quantum Idea, ust Rifai, Kepala Sekolah MA Quantum Idea dan jajarannya. Kegiatan ini menjadi bagian dari jihad ilmu yang bermanfaat bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara di tengah kondisi yang labil saat ini. Semoga. (AS Widi/PPWI Jabar)