Kalahkan Kroasia, Argentina Lolos ke Final Piala Dunia - .

Breaking

Cari Berita

Rabu, 14 Desember 2022

Kalahkan Kroasia, Argentina Lolos ke Final Piala Dunia


AENEWS9.COM
|QATAR - Argentina unggul 2-0 atas Kroasia di babak pertama pada semi final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium (rabu,14/12/2022). 2 gol Argentina dicetak Lionel Messi di menit 34, dan Julian Alvarez di menit 39.


Daniele Orsato, wasit asal Italia yang memimpin jalannya pertandingan, mengeluarkan 2 kartu kuning Dominik Livakovic dan Mateo Kovaci, keduanya dari Kroasia.


Babak kedua berlangsung dalam tempo cepat, dan baru 2 menit, sebuah peluang emas untuk Argentina, usai Dominik Livakovic memblokir tembakan jarak jauh dari Leandro Paredes yang mengarah ke tengah gawang.


Zlatko Dalic mengubah skema permainan Kroasia menjadi lebih agresif menyerang. Borna Sosa meninggalkan lapangan dan digantikan oleh Mislav Orsic, sedangkan Mario Pasalic digantikan oleh Nikola Vlasic. 


Disusul Marcelo Brozovic keluar, dan Bruno Petkovic masuk ke lapangan. Demikian juga Andrej Kramaric meninggalkan lapangan, dan Marko Livaja masuk sebagai pemain pengganti.


Di menit 53, Nikola Vlasic berusaha menemukan rekan se-timnya dengan sebuah operan dari luar kotak penalti, namun pemain bertahan lawan dengan cepat menggagalkan serangan ini. Disusul bola panjang yang dilepaskan oleh Dejan Lovren, tapi gagal mencapai satupun rekan setimnya di lapangan. 


Argentina membalasnya melalui Julian Alvarez yang berusaha menemukan rekan se-timnya dengan sebuah operan pendek ke dalam kotak penalti. Enzo Fernandez menerima bola, namun serangannya digagalkan oleh pemain bertahan lawan.


Menyusul Nahuel Molina yang menyianyiakan sebuah kesempatan bagus, saat dia melakukan operan akhir yang tidak akurat ke dalam kotak penalti, akhirnya berhasil dihalau oleh pemain bertahan.


Di pertengahan babak kedua, skenario Lionel Scaloni terlihat mengalami sedikit perubahan dibanding babak pertama, kwartet lini tengah yang diisi Paredes, Fernandes, de Paul, dan Mac Allister, cenderung bertahan. 


Tagliafico dan Molina tidak lagi banyak eksis di tengah lapangan untuk membantu serangan, tapi lebih cenderung di barisan belakang, sesuai tupoksinya. Menyusul Lisandro Martinez masuk menggantikan Leandro Paredes, sinyal permainan agak bertahan.


Sebuah peluang emas Kroasia tercipta di menit 62, Dejan Lovren melompat paling tinggi di dalam area penalti untuk menyambut sebuah crossing hasil tendangan bebas, dan lalu melepaskan sundulan menjanjikan ke tengah gawang, namun Emiliano Martinez berhasil lakukan penyelamatan.


Argentina menambah defisit golnya, usai di menit 69, Lionel Messi menyerahkan bola pada Julian Alvarez, lalu menembak rendah dari jarak dekat ke dalam gawang, meninggalkan penjaga gawang tidak berdaya, skor berubah 3-0, Argentina unggul atas Kroasia.


Kroasia tampil lebih agresif setelah tertinggal 0-3, Ivan Perisic menghantam bola lewat tendangan bebas jarak menengah yang diberikan langsung ke arah gawang, dia melepaskan tembakan rendah yang mengarah ke kiri gawang, namun di sana penjaga gawang sudah siap berdiri. 


Menyusul lagi-lagi Ivan Perisic, yang berusaha mengejutkan penjaga gawang dengan sebuah tembakan bagus, namun tembakannya kekurangan akurasi sehingga bola akhirnya melenceng jauh ke atas gawang. 


Satu menit kemudian, giliran Mislav Orsic yang mencoba peruntungannya dengan menembak ke gawang, namun usahanya ternyata melebar cukup jauh ke kanan gawang.


Argentina nyaris kembali membuahkan gol di menit 83, usai Alexis Mac Allister menerima sebuah operan brilian, tapi ia menyianyiakan kesempatan besar saat tembakannya dari dalam area penalti terbang melenceng tipis dari tiang kanan gawang.


Dalam pertandingan babak kedua, Daniele Orsato mengeluarkan 2 kartu kuning untuk Argentina, masing-masing kepada Cristian Gabriel Romero dan Nicolas Otamendi.


Sepanjang pertandingan berlangsung, dari pengamatan penguasaan bola, Kroasia unggul 55-45 atas Argentina. Hingga wasit membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap tidak berubah, Argentina unggul atas Kroasia 3-0.


Dari hasil pertandingan semi final ini, Argentina melaju ke partai puncak dan akan menghadapi pemenang antara Prancis vs Maroko yang akan berlangsung besok. Sedangkan Kroasia akan menghadapi lawannya (Prancis atau Kroasia) untuk merebut posisi ketiga. (*)