Pembuatan Batik Ecoprint Upaya Pemdes Bibrik Gali Potensi Ekonomi Desa - .

Breaking

Rabu, 16 November 2022

Pembuatan Batik Ecoprint Upaya Pemdes Bibrik Gali Potensi Ekonomi Desa

Pelatihan batik ecoprint bagi ibu- ibu PKK dan masyarakat Desa Bibrik kecamatan Jiwan Madiun dalam upaya penggalian ekonomi desa


AENEWS9 COM | Madiun- Upaya menciptakan  sumber- sumber baru perekenomian bagi masyarakat desa, Pemerintah desa Bibrik Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun terus menggali potensi  ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat.Salah satunya dengan pelatihan pembuatan batik ecoprint bagi ibu- ibu PKK dan warga.


Diharapkan dengan kegiatan pelatihan pembuatan batik ekoprint dapat menjadi potensi pengungkit ekonomi desa.


Hengki Rahmawadi,S.P, Kepala Désa Bibrik mendukung penuh penggalian ekonomi desa melalui progam pemberdayaan masyarakat.


" Kami terus mendukung upaya pemberdayaan masyarakat terutama penggalian potensi ekonomi," kata Hengki Rahmadi



Hasil pelatihan batik ecoprint dan baju batik ecoprint karya ibu- ibu PKK Desa Bibrik

Kepada media ini Hengki Rahmawadi menceritakan bahwa kegiatan pelatihan batik ecoprint yang bertempat di Kantor desa yang dikuti sekitar 40 peserta dari PKK desa dan warga dengan mendatangkan pelatih instruktur dari kota Madiun dan Dagangan pada hari Rabu,(21/09/2022) silam.



“Tentunya kami dari pemerintah desa bibrik sangat mendukung dan apresiasi atas pelatihan batik ecoprint bagi ibu -ibu PKK dan warga dalam melakukan inovasi dan berkreativitas mengembangkan potensi dan SDM yang ada di Desa Bibrik. Ini tentunya sangat luar biasa,” kata Hengki, kamis (15/12/2022)


Hengki menjelaskan kegiatan tersebut dimulai dengan pemaparan singkat mengenai ecoprint dan peluang usahanya. Dilanjutkan dengan penjelasan dan praktik tahapan mordanting yang berupa pencucian kain menggunakan TRO dan perebusan kain dalam larutan tawas + soda abu. 


"Pada pelatihan tersebut dijelaskan apa itu Ecoprint dan peluang usahanya serta praktek pembuatannya," ulas Hengki.


Hengki Rahmawadi,S.P.  berharap melalui kegiatan pelatihan Batik Ecoprint tersebut Tim PKK Desa Bibrik dapat mengembangkan ilmu yang diberikan oleh pemateri  sehingga menjadi produk yang bernilai ekonomi yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat nantinya.


"Dan melalui pelatihan Batik ecoprint ini diharapkan mampu menambah keterampilan baru dari ibu-ibu PKK dan masyarakat sehingga dapat mendorong terciptanya nilai tambah  bagi mereka dan semoga kedepan Batik Ecoprint hasil karya ibu -ibu PKK Desa Bibrik dapat berkembang yang dapat berdampak pada perekonomian masyarakat kami, ” papar Kades Bibrik. 


Batik Ecoprint desa Bibrik menjadi batik yang bermotif beraneka ragam dedaunan yang pemasarannya nanti di kelola oleh BUMDES ( Bun)