Industri Rumahan Sale Pisang dan Kembang Goyang 'Mbak Anik' Dersono Pacitan Tetap Eksis Ditengah Gempuran Jajanan Modern - .

Breaking

Senin, 07 November 2022

Industri Rumahan Sale Pisang dan Kembang Goyang 'Mbak Anik' Dersono Pacitan Tetap Eksis Ditengah Gempuran Jajanan Modern

Usaha Sale Pisang dan Kembang goyang milik Anik Dusun Krajan Kidul, Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan,

AENEWS9.COM
| Pacitan – Sale Pisang dan Kembang Goyang industri rumahan yang menjadi primadona cemilan, berbahan dasar pisang dan banyak digemari masyarakat mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Harganya yang terjangkau, rasanya yang enak dan kaya  manfaat dalam buah pisang seperti karbohidrat, vitamin A, dan serat, sehingga sangat bagus dikonsumsi anak-anak. Kembang goyang makanan tradisonal yang masih eksis sampai sekarang ini.


Anik melakukan inovasi baru untuk menarik minat pelanggan. Mulai dari segi rasa, warna, dan bentuk menyesuaikan selera masyarakat di zaman sekarang.


Tempat produksinya di Dusun Krajan Kidul, Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jatim.  Usahanya  awalnya hanya iseng mengisi waktu luang, namun kni berkembang sehingga meraup penghasilan dengan banyaknya permintaan dari konsumen sampai luar desa.

“Melihat banyaknya pohon pisang yang berbuah di kebun saya, saya jadi kepikiran untuk mengolahnya menjadi sale pisang, kemudian saya mencobanya menjual ke tetangga dan warung terdekat saya,” ujar Anik.


“Berkat usahanya tersebut Anik bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk Ibu-ibu di Desa Dersono dan memajukan UMKM Desa Dersono itu sendiri,” ujar Anik.


“Ibu-ibu yang tergabung di UMKM berpengalaman dalam membuat kembang goyang, sebagai pengembangan produksi kami,” ucap Ibu Erna.


Sale Pisang dan Kembang Goyang “mbak Anik”, rasanya enak membuat saya dan keluarga ketagihan membelinya. Selain itu untuk oleh-oleh kepada saudara-saudara yang berkunjung ke rumah,” jelas  Umi pelanggan setia. (Wahyu_Danica_PBSI_STKIP)