Dorong Pemanfaatan Tanah Pekarangan Sebagai Benteng Ketahanan Pangan Keluarga,PKK Désa Sogo Terus Edukasi Warganya - .

Breaking

Rabu, 16 November 2022

Dorong Pemanfaatan Tanah Pekarangan Sebagai Benteng Ketahanan Pangan Keluarga,PKK Désa Sogo Terus Edukasi Warganya

Kunjungan Ketua TP PKK Kabupaten Madiun,Ny.Penta Lisnawati Ahmad Dawami di Demplot PTP Kusuma binaan TP PKK Désa Sogo kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun 

AENEWS9.COM
|Madiun-Progam pemberdayaan perempuan melalui Tim Penggerak PKK Desa Sogo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun, berkomitmen dalam progam ketahanan pangan keluarga  dalam pemanfaatan lahan pekarangan, demi mendorong susksesnya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat yang aman dan beragam, serta bergizi seimbang.


Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sogo Ny. Samiati,  (14/11) melalui pesan WhatsApp kepada media ini   mengatakan, pihaknya sebagai mitra pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong program-program pemberdayaan perempuan, khususnya di bidang ekonomi kerakyatan berbasis Desa.


"kami sebagai mitra pemerintah terus berkomitmen mendorong progam pemberdayaan berbasis desa," kata Ny.Samiati.


Melalui program Kelompok Wanita Tani pihaknya berharap, perempuan yang ada di Desa Sogo bisa mandiri dan mampu berkontribusi terhadap pengelolaan keuangan keluarga.Selain itu, pemanfaatan lahan pekarangan merupakan hal yang sederhana, namun memiliki manfaat yang besar seperti dapat menghemat pengeluaran anggaran keluarga.

Ketua TP Kabupaten Madiun,Ny.Penta berpose bersama TP PKK Desa Sogo yang didampingi Kepala Desa Sogo


Halaman kantor Desa Sogo dengan demplot tanaman sayur dan toga menambah keasrian dan hijau menyegarkan

Terbukti,PKK Desa Sogo berhasil meraih juara lomba TPT tingkat kecamatan dan berhak mengikuti lomba tingkat Kabupaten pada Senin,17/10/2022 silam.Bahkan TP PKK Kabupaten Madiun Ny.Penta Lisnawati Ahmad Dawami berkenan hadir berkenan hadir mengunjungi Desa Sogo.


Ny.Samiati,TP PKK Desa Sogo kepada media ini mengaku bersyukur atas penghargaan serta capaian yang diterima.


"Alhamdulillah PKK Desa Sogo mendapat juara lomba PTP tingkat kecamatan dan mengikuti lomba tingkat kabupaten ,"kata Samiati.


Dirinya berharap Pemanfaatan Pekarangan untuk Pengembangan Pangan ini sengaja disejalankan dan disinergikan dengan salah satu Program PKK yakni Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman atau yang dikenal dengan Istilah HATINYA PKK.


Untuk itu kedepannya setiap dusun dapat membuat demplot sebagai ruang ketahanan pangan bagi keluarga dan untuk mencontohkan pemanfaatan lahan pekarangan pihaknya sudah melakukan dengan memanfaatkan halaman kantor desa dengan menanami berbagai macam tanamanan sayuran,seperti cabai, selada, terong, sawi, tomat dan lain-lain sehingga halaman kantor desa nampak hijau dan asri.


" Semoga kedepannya setiap dusun bisa membuat demplot sebagai ruang ketahanan pangan keluarga, disamping kelompok sasarannya sama, yakni ibu-ibu Kelompok Wanita Tani, maupun Dasawisma dan PKK desa, kegiatan ini juga perlu disadari bahwa begitu pentingnya kaum ibu yang lebih memahami tentang kecukupan pangan di tingkat rumah tangga. Sehingga sangat dibutuhkan peran ibu-ibu untuk memaksimalkan pemanfaatan pekarangan dan dikelola sebagai sumber pangan yang dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga,” Tutup Samiati  ( Bun)