Berikan Pelatihan bagi Pande Besi Desa Sewulan Bupati Madiun Harapkan Kualitas Produk Meningkat - .

Breaking

Kamis, 10 November 2022

Berikan Pelatihan bagi Pande Besi Desa Sewulan Bupati Madiun Harapkan Kualitas Produk Meningkat

peserta pelantihan pande besi di desa sewulan

AENEWS9.COM
| Madiun- Desa Sewulan sudah sejak lama terkenal dengan usaha pande besinya. Saat ini profesi Pande Besi yang merupakan bagian dari kearifan lokal sudah tidak ada regenerasinya. Banyak generasi muda yang enggan menggeluti profesi tersebut,untuk melestarikan dan meregenerasi profesi pande besi  diadakankanlah pelatihan pande besi yang bertempat di Balai Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupatèn Madiun, Rabu(9/11).


Para Pande Besi ini tersebar di berbagai dusun di Desa Sewulan dengan berbagai skala produksi mulai dari yang kecil hingga skala besar. Pande Besi pada saat ini tidak hanya membuat senjata namun telah berkembang menghasilkan berbagai macam produk. Produk yang dihasilkan antara lain; peralatan pertanian seperti cangkul, sabit, linggis, kapak, dan perlengkapan pertanian/perkebunan lainnya


Pada kesempatan tersebut Bupati Madiun H.Ahmad Dawami berkenaan meninjau pelatihan bagi pande besi yang menghadirkan instruktur pande besi berkompeten dari Tangerang, Banten


Pelatihan tersebut bertujuan agar para pembuat besi atau pande besi di wilayah Kabupaten Madiun mampu meningkatkan kemampuannya. 

Bupati Madiun H.Ahmad Dawami meninjau peserta pelatihan pande besi di desa Sewulsn Dagangan Madiun


Secara turun temurun para pande besi di Desa Sewulan memiliki kemampuan untuk mengerjakan produknya secara terampil, sehingga upaya menumbuhkembangkan usaha besi secara umum dapat dilakukan dengan mudah. Produk-produknya juga cukup tangguh dari segi keawetannya karena menggunakan bahan baku dari scraft besi baja (kanal, per, dll), namun dari segi teknologi dan kemampuan Sumber Daya Manusianya masih perlu ditingkatkan lagi.


Bupati Madiun Ahmad Dawami berpesan "Perlu adanya transformasi ilmu dan teknologi bagi para pekerja pande besi yang ada di wilayah kabupaten Madiun. Seperti yang diketahui, teknologi yang mereka gunakan masih menggunakan metode tradisional maupun semi modern sehingga memerlukan peningkatan kemampuan dan pengenalan teknologi modern",ujar Bupati


Besar harapan Bupati, agar pande besi dari Kabupaten Madiun memiliki kualitas dan mampu bersaing dengan wilayah lainnya.


Lanjutnya, dengan peningkatan kualitas tersebut akan menghasilkan produk-produk berkualitas dari pande besi yang nantinya dapat diekspor ke berbagai wilayah bahkan ke luar negeri. 


"Sehingga nantinya setelah kualitas yang dihasilkan mumpuni, maka tinggal bagaimana eksekusi penjualan dan target pasar bagi pande besi tersebut," tutup Bupati Madiun ( Rkw)