Bawaslu Kabupaten Madiun Resmi lantik 45 Anggota Panwascam - .

Breaking

Jumat, 28 Oktober 2022

Bawaslu Kabupaten Madiun Resmi lantik 45 Anggota Panwascam


AENEWS9.COM
|Madiun -Sebanyak 45 anggota Panitis Pengawas Pemilu Kecamatan ( Panwascam) untuk pemilu 2024 Kabupaten Madiun resmi dilantik Bawaslu Kabupaten Madiun di Pendopo Muda Graha,Kamis(27/10/2024).


Badan Pengwas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Madiun melantik 45 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk pemilu tahun 2024 Kabupaten Madiun di Pendopo Muda Graha, Kamis (27/10). 

Bupati Madiun dalam sambutannya tekankan profesionalitas kinerja para anggota Panwaslu, “bahwa tugas dan wewenang sebagai Panwascam tidak mudah. Sebagai pengawasan di lini bawah sangat berat. Tidak hanya mengawal suksesnya pemilu, tidak hanya mengawasi sisi aparatur tetapi juga mengawasi masyarakat secara keseluruhan”, tuturnya. 


Pihaknya menekankan perkuatan mitigasi untuk menghalau intervensi dari pihak tertentu. Menjalankan tugas sesuai dengan regulasi dengan mengedepankan profesionalitas, akuntabilitas, integritas dan kapabilitas menjadi kunci kesuksesan pelaksanaan tugas sebagai Panwascam. 


"Kerawanan intervensi harus dikuatkan dengan mitigasi melalui pendidikan politik yang harus dilakukan menjelang tahun politik agar ada pemahaman yang sama," tuturnya


Sementara itu Ketua Banwaslu Kabupaten Madiun Nur Anwar, SH menjelaskan, bahwa sebanyak 45 Panwascam terpilih sudah melalui proses panjang mulai penelitian administrasi, tes tulis dan tes wawancara hingga tahap pelantikan. Anwar menekankan agar mereka tetap menjaga netralitas, integritas dan soliditas lembaga dan merawat kondusifitas eksternal, koordinasi dengan pemangku kekuasaan diwilayah masing-masing.