Atraksi Drumband dan Seni Dongkrek Warnai Upacara HSN 2022 Di Alun-alun Reksogati Caruban - .

Breaking

Sabtu, 22 Oktober 2022

Atraksi Drumband dan Seni Dongkrek Warnai Upacara HSN 2022 Di Alun-alun Reksogati Caruban


AENEWS9.COM
|Madiun- Dengan mengenakan sarung dan baju muslim ribuan santri dari berbagai ponpes di kabupaten Madiun memadati alun-alun Reksokgati Caruban guna mengikuti peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022, Sabtu (22/10/2022).

Ribuan santriawan dan santri Wati nampak khidmat mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional yang dalam kesempatan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputra.

Bupati Madiun sangat mengapresiasi dan bangga terhadap santri yang berada di Kampung Pesilat Indonesia.Dalam sambutannya Bupati Madiun menitikberatkan pesan moral kepada para peserta upacara.

"Santri diajarkan tidak hanya tentang agama saja spritual saja, tetapi ada di dalamnya menyangkut etika, menyangkut akhlak yang nantinya bisa diimplementasikan dalam kehidupannya sehari-hari," ujar Bupati Madiun usai jalannya upacara.


Dirinya turut menegaskan apabila semuanya menjiwai apa yang diajarkan oleh para kyai, ulama tentunya kedamaian itu tidak sulit untuk hadir. Selain itu, para santri juga selalu diajarkan tentang nilai-nilai toleransi yang hal tersebut hari ini menjadi sangat berharga.

"Kita terus berusaha baik di pondok maupun luar pondok di kalangan santri pun tidak hanya penanganan tetapi juga mitigasi dari Pemerintah Kabupaten Madiun juga dilakukan itu, pemahaman dan persamaan persepsi itu dilakukan sampai tingkat desa," tegasnya.




Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing tersebut memang tidak lepas dari dunia pesantren. Dirinya menilai santri Kabupaten Madiun yang dia tahu keren semuanya dan bisa menjadi pilar pembangunan di Kabupaten Madiun.

Turut hadir pada kesempatan itu jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun, Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Madiun , Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Camat, Ketua Ormas Keagamaan (MUI, BAZNAS, BWI, DMI, FKUB, NU, Muhammadiyah).Juga nampak Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua  Dharma Wanita Persatuan, Ketua Muslimat NU, Ketua Banom NU, Pimpinan Ponpes.

Upacara HSN 2022  yang mengambil tema 'Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan 'juga dimeriahkan oleh  atraksi drum band dapri SMK Model Caruban dan SMA N 3 Taruna Angkasa Jawa Timur serta Dokrek kreasi dari Sanggar Karya Caruban.( gn)