Atasi Krisis Air, Poktan Ngudi Rahayu Désa Kradenan Terima Bantuan Sumur Dalam - .

Breaking

Sabtu, 29 Oktober 2022

Atasi Krisis Air, Poktan Ngudi Rahayu Désa Kradenan Terima Bantuan Sumur Dalam

Pembuatan sumur dalam bantuan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo untuk Poktan Ngudi Rahayu Désa Kradenan, Jetis Ponorogo Tahun 2022

AENEWS9.COM
|Ponorogo- Mengantisipasi krisis air pada musim kemarau dan gagal panen, Kelompok Tani Ngudi Rahayu,Desa Kradenan Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo membangunan satu sumur bor bantuan dari  Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo sebagai sumber pengairan untuk areal persawahan untuk tahun 2022 .


Progam pembuatan sumur dalam  ini adalah langkah yang penting dan strategis untuk menambah kecukupan kebutuhan air di lahan-lahan pertanian di Ponorogo juga sebagai sarana peningkatan produktivitas hasil panen.


Pengerjaan sumur bor yang berlokasi diareal sawah kidul Bunguran Desa Kradenan menelan biaya anggaran sebesar 115 juta  rupiah tersebut dikerjakan secara swakelola sehingga peran serta masyarakat dalam kegiatan ini lebih dikedepankan baik pelaksanaan maupun pengawasannya.

Muhari ketua Poktan Ngudi Rahayu bersama Kades Kradenan, Yahman ( kaos merah)


Besarnya nilai bantuan untuk pembuatan sumur bor itu, karena yang dibangun tidak hanya sumur bor saja melainkan juga untuk fasilitas pendukungnya seperti saluran, pompa, bangunan penampung dan lainnya.


Ketua Poktan Ngudi Rahayu, Mujari mengaku senang mendapat progam bantuan sumur dalam bagi kelompok taninya.Dimana dengan di bangunnya sumur dalam tersebut dapat menambah sumber air irigasi pertanian selain dari aliran sungai untuk mencukupi kebutuhan air di lahan seluas 9 Ha.


"Kami sangat gembira dan mengucapkan terimakasih atas bantuan progam sumur dalam dari dinas terkait, dimana keberadaan sumur dalam ini sangat di perlukan di areal sawah kidul bunguran sehingga dapat menambah sumber air irigasi bagi petani," ungkap Mujari.


Di Kesempatan yang sama Kepala Desa Kradenan Yahman menjelaskan keberadaan sumur bor sangat memiliki andil besar dalam upaya pencegahan atau penyelamatan lahan mengalami krisis air yang berujung gagal panen.


Meski, akunya pembangunan tersebut baru taraf pengeboran manfaat kedepannya dapat dirasakan secara signifikan,  sehingga meringankan bagi petani dikala musim kemarau nanti sehingga hasil pertanian petani dapat meningkat produktifitas panenanya.


"Keberadaan sumur bor ini dapat memiliki andil besar bagi produktifitas hasil pertanian khususnya di wilayah Kradenan," tutup Yahman ( nung)