Raup Ratusan Ribu Rupiah Dari Halaman Rumah Budidaya Kacang Sacha Inchi - .

Breaking

Selasa, 09 Agustus 2022

Raup Ratusan Ribu Rupiah Dari Halaman Rumah Budidaya Kacang Sacha Inchi

Juwanto Tri Anggoro, petani kacang Sacha inchi Banyu urip Sragen

AENEWS9.COM| Sragen-
Siapa menyangka dari halaman berukuran 7X12 meter ternyata bisa menghasilkan sumber pendapatan bagi keluarga.


Juwanto Tri Anggoro misalnya, warga desa Sumberbening kecamatan Jenar Kabupatèn Sragen Jawa Tengah berhasil memanfaatkan lahan  pekarangan rumahnya untuk budidaya  kacang Sacha inchi yang mempunyai nama latin Sacha inchi (Plukenetia volubilis) dikenal sebagai kacang inka atau kacang gunung atau populer dengan nama kacang bintang.


Ia sudah menghasilkan uang hingga ratusan ribu hanya dari pekarangan rumah. Memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami Kacang bintang sejak 1 tahun terakhir. Dalam satu kali panen, ia bisa meraup untung ratusan ribu rupiah rupiah.


Manfaatkan lahan pekarangan rumah untuk ditanami Kacang sachainchi sebagai sumber pasiv income 


Budidaya kacang Sacha inchi  awalnya dilakukan Juwanto  melihat pekarangan halaman rumah yang kosong tidak produktif  dan gersang.


“Awalnya saya menanam ini melihat halaman rumah yang kosong dan gersang  serta pemandangannya tidak hijau, dengan saya coba tanami kacang Sacha inchi selain menjadi pemandangan halaman yang hijau dan asri juga oksigen lingkungan dapat menjadi bagus serta indah dipandang," ungkap Juwanto


Ia juga menambahkan budidaya kacang Sacha inchi juga bisa untuk tumpang sari tanaman lainnya seperti jahe,kempon- empon dan sayuran sehingga pemanfaatan lahan pekarangan untuk menambah ekonomi keluarga bisa berjalan.


"Alhamdulillah dengan menanam kacang Sacha inchi ini dapat menambah  pendapatan keluarga kami ,serta bisa tumpang sari dengan  tanaman lain, ujarnya.


Dari lahan pekarangan rumah yang berukuran 7x12 meter Juwanto bisa meraup pendapatan ratusan ribu rupiah dari 75 pohon kacang Sacha inchi yang ditanam dimana 1 pohon bisa menghasilkan kurang lebih 50-100 buah yang dijual per kilonya Rp. 5000 rupiah.Untuk penjualan hasil buahnya Juwanto mengaku tidak kesulitan karena berangkat menanam tanaman ini dari sistim kemitraan yang hasilnya langsung dibeli oleh perusahaan.

" Kami menanam kacang bintang ini bermitra dengan PT Samira mulai dari bibit, pupuk dan hasil panen juga dibeli oleh perusahaan,selain itu dari kemitraan ini kami  juga dapat melaksanakan ibadah Umrah yang di fasilitasi PT Samira" terang Juwanto

Selain di pekarangan rumah, Juwanto bersama kelompok LMDH juga memanfaatkan lahan milik perhutani ditanami kacang bintang, karena tanaman ini masa panennya cukup lama dan terus menerus.


Sekedar informasi tanaman kacang Sacha inchi ini berasal dari hutan Amazon Peru yang tumbuh lliar dihabitanya dan tanaman kacang Sacha inchi juga termasuk tanaman merambat jika dibudidayakan harus dibuatkan lanjaran atau tajar.Selain itu buah  tanaman ini mengandung omega 3,6,dan 9 serta protein lainnya yang bermanfaat serta di butuhkan bagi tubuh manusia.(Nung)