Mengintip Lahan Demplot Di Waduk Gajah Mungkur Sebagai Kebun Percontohan Bagi Petani Sacha inchi - .

Breaking

Kamis, 11 Agustus 2022

Mengintip Lahan Demplot Di Waduk Gajah Mungkur Sebagai Kebun Percontohan Bagi Petani Sacha inchi


AENEWS9.COM| Wonogiri -
Lahan seluas kurang lebih 2 Ha yang berada di kawasan Waduk Gajah Mungkur menjadi demplot kebun percontohan bagi petani kacang Sacha inchi atau orang biasa menyebutnya kacang bintang.

Tidak kurang  3500 pohon kacang Sacha inchi tertanam rapi berjajar dengan tiang para -para sebagai tegakan penopang tanaman  tersebut.Dengan buahnya yang berbentuk bintang tampak lebat menghiasi sela - sela daunnya.

Nampak dua pekerja sedang bekerja memupuk pangkal pohon dengan pupuk nutrisi yang dicampur arang sekam .Sesekali pekerja tersebut membetulkan sulur tanaman yang keluar dari jalur tali rambatan.Kedua pekerja tersebut telaten membetulkan jalur sulur dari satu pohon ke pohon lainnya.

Ada dua lokasi kebun percontohan satu lokasi berada diarea dalam yang tanamannya berusia 5 bulan dan sudah banyak yang berbuah satu lagi berada di luar yang usia tanam baru 2 bulan.

Jhony Aristanto penanggung jawab demplot kebun percontohan kacang sacha inchi ini menjelaskan kebun percontohan yang berada di lahan tidur kawasan bendungan Gadjah Mungkur ini adalah kawasan milik Balai Besar Bengawan Solo( BBWS) yang dimanfaatkan  bersama  Korem 074/Warastratama sebagai demplot kebun Sacha inchi yang menjadi wahana edukasi bagi petani mitra .

"Kebun percontohan ini sebagai demplotan bagi petani kacang Sacha inchi yang menjalin kemitraan dengan kami” kata Jhoni arisanto,Rabu (10/08/2022).

Petani Sacha inchi binaan Ponpes Jangkung Nawangan Pacitan sedang studi banding ke kebun percontohan di waduk gajah Mungkur Wonogiri (10/8) foto dok aenews9.com

Lanjut Joni adapun Demplot atau Demontration Plot itu sendiri adalah metode penyuluhan pertanian yang ditujukan kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, dengan maksud agar para petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Joni Arisanto menyebutkan bahwa langkah ini diambil sebagai solusi bagi para petani mitra, dalam visualisasi nyata cara budidaya kacang Sacha inchi didaerah masing-masing mitra, mengingat hasil yang prospektif dari penanaman kacang Sacha  tersebut,bisa membantu mereka dari segi ekonomis serta menjadi nilai tambah perekonomian bagi masyarakat. 

"Bagi petani yang bermitra dengan kami ( Samira) hasil panennya kami beli dengan harga sesuai akad kesepakatan,karena industri juga membutuhkan tanaman ini, sedangkan untuk pasarnya  kita sudah siapkan " tutur joni.

Lanjutnya dengan menggunakan metode Demplot tersebut, ia berharap agar petani bisa menerapkan inovasi teknologi budidayanya sehingga  petani mitra dapat memperoleh gasil produksi yang maksimal.

Pihaknya juga bersedia memberi bibit dan pupuk kepada masyarakat yang serius bertani,tutup Joni 

Diwaktu sama kebun percontohan yang diberada di waduk gajah mungkur Wonogiri ini  mendapat kunjungan dari petani binaan pondok pesantren Jangkung Kecamatan Nawangan Pacitan yang bermitra untuk membudidaya Sacha inchi tanaman asli hutan Amazon .Ada lebih 200 petani binaan pondok pesantren tersebut.(Nung)