Makam Pahlawan Masrumi Layar Terbengkalai, Pemkab Pulpis jangan tutup Mata. - .

Breaking

Rabu, 03 Agustus 2022

Makam Pahlawan Masrumi Layar Terbengkalai, Pemkab Pulpis jangan tutup Mata.

Kondisi Makam pahlawan Masrumi layar yang terletak di Seputaran Desa Anjir Pulang Pisau RT 06 Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau terkesan kumuh tak terawat dan terkesan terlupakan butuh perhatian dari pemerintah setempat / insert Jurnalis AENEWS9.com

AENEWS9.COM|Pulang Pisau
-Salah satu makam pahlawan kebanggan warga Kabupaten Pulang pisau yang biasa disebut dengan " Makam Pahlawan Masrumi Layar " yang terletak di Seputaran Desa Anjir Pulang Pisau RT 06 Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pidau yang  berbatasan langsung dengan Kabupaten Kapuas Propinsi Kalimantan tengah tersebut  kini nasibnya terkesan dilupakan.


Sebagaimana informasi yang berhasil dihimpun media ini dari beberapa warga setempat   Pahlawan Masrumi dan Layar merupakan sepasang Suami istri yang dinobatkan sebagai pahlawan dan diresmikan sebagai makam Pahlawan oleh Dandim Kapuas Pada tahun 1982 lalu. 


" Masrumi itu Istrinya dan layar itu suaminya, namun kedua nama mereka dijadikan satu  pada saat membuat nama  jalan sepanjang 7 kilometer  ini sehingga disebut dengan Jl.Masrumi Layar " ungkap Riduan seorang warga setempat.



" Namun sejak Kabupaten Pulang Pisau diresmikan menjadi Kabupaten Pemekaran  tahun 2002 Lalu hingga kini Makam pahlawan Masrumi Layar ini seolah hanya menjadi simbol belaka alias terbengkalai" Lanjutnya 


Selain kondisi Makam yang tidak terawat, jalan Masrumi Layar menuju lokasi makam tersebut juga sangat memprihatinkan, walaupun pada saat itu nama Kedua Pahlawan tersebut diabadikan sebagai nama jalan, Namun sejak dibangun hingga kini Makam Pahlawan tersebut hanya jadi sejarah bagi warga sekitar.


" Ironisnya , jarak antara Kantor Bupati Pulang Pisau dengan lokasi makam Pahlawan tersebut hanya berkisar kurang lebih 5 (lima) Kilometer  saja namun hingga saat ini Pemkab Pulang Pisau belum bisa merenovasi makam tersebut, selain itu juga jarang di ziarahi  " Ujar Riduan.


Menyikapi masalah tersebut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau Dr.Usis, I  sangkai S,Hut Melalui  Kepala Bidang ( Kabid) Tata Ruang DPUPR Ferdinand Yacobvella  saat ditemui Media ini Rabu 3/8/2022 menyampaikan keprihatinannya, menurut Ferdinan pihaknya berterima kasih atas informasi yang sudah disampaikan, namun bukan berarti Pemkab mengabaikan keberadaan Makam Seorang Pahlawan akan tetapi selama ini minim nya data dan Informasi yang di terima.


" Kami sangat prihatin, semoga dalam tahun ini kami bisa memasukan Program dan  membantu merenovasi makam pahlawan Masrumi Layar Tersebut" Tuturnya.


" Saya pribadi juga sudah mengecek kondisi makam, selanjutnya nanti akan kami upayakan menindak lanjuti keluhan Masyarakat, intinya mohon pengertian dan dukungan dari semua Pihak " tutupnya. ( RD)