Lestarikan Hutan Kalteng , PT.PJB UBJOM: Komitmen kami Menanam untuk Konservasi Taman Nasional. - .

Breaking

Kamis, 11 Agustus 2022

Lestarikan Hutan Kalteng , PT.PJB UBJOM: Komitmen kami Menanam untuk Konservasi Taman Nasional.

BNF bekerjasa PJB UBJOM Pulpis melakukan penanaman pohon dalam peringatan Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2022. 

AENEWS9.COM|PALANGKA RAYA
- PW:PT Pembangkitan Jawa Bali Unit Bisnis Jasa Operasi dan Maintenance (PJB UBJOM) Pulang Pisau terus berkomitmen dalam pelestarian lingkungan di Kalimantan Tengah. 


Hal ini dibuktikan dengan andil Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pulang Pisau tersebut dalam peringatan Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2022. Bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Sebangau dan Borneo Nature Foundation (BNF), perusahaan melakukan penanaman pohon pada Senin (8/8/2022)


Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kejaksaan Negeri Palangka Raya, Unit-Unit Pelaksana Teknik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) wilayah Kalimantan Tengah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, dan Pemerintah Kecamatan Bukit Batu. Selain itu, turut hadir Kepala Desa Habaring Hurung dan siswa-siswi SD Habaring Hurung. 


“Pelestarian hutan di Kalimantan menjadi tanggung jawab bersama. Kami berkomitmen menjadi bagian dari usaha-usaha tersebut,” Kata Fuad Arifin, General Manager PT PJB UBJOM Pulang Pisau


Penyerahan simbolis 5.000 bibit pohon Balangeran

Pada aksi kali ini, perusahaan menanam lebih dari 5.000 bibit pohon Balangeran, salah satu tanaman endemik di lahan gambut. “Balangeran memiliki fungsi restorasi yang sangat tinggi dan cocok di area Taman Nasional Sebangau yang 95% wilayahnya merupakan lahan gambut,” Kata Andi M. Khadafi, Kepala Balai Taman Nasional Sebangau.



Kerja sama multi stakeholder seperti ini terus dilakukan oleh PT PJB UBJOM Pulang Pisau untuk memperkuat sinergi antar pihak dalam usaha-usaha pelestarian lingkungan. “Kami akan hadir untuk itu dan mendukung pihak-pihak yang berwenang. Kehadiran PLTU dan PJB harus menjadi berkah bagi warga sekitar,” kata Fuad setelah melakukan seremonial penanaman dengan stakeholder yang hadir.

Kalimat serupa juga disampaikan Juliarta Bramansa Ottay, CEO Borneo Nature Foundation (BNF) yang juga terlibat dalam kegiatan kali ini. “Kerja sama dengan PJB menambah resource dalam usaha-usaha yang sebelumnya kami lakukan dengan TN Sebangau. Kami berharap ini terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi semua pihak,” kata Juliarta pada kesempatan yang sama.

Setelah penanaman ini, PT PJB UBJOM Pulang Pisau menjajaki kemungkinan kerja sama pemberdayaan masyarakat di sekitar taman nasional dan tanggap darurat kebencanaan terutama kebakaran hutan dan lahan.( RD/ Ril)