Karnaval Budaya Desa Doho memperbutkan Piala Bergilir Kades - .

Breaking

Minggu, 28 Agustus 2022

Karnaval Budaya Desa Doho memperbutkan Piala Bergilir Kades

Kepala desa Doho Dolopo Markuat SH dan ibu memberangkatkan peserta karnaval budaya 2022 desa Doho dari lapangan MIN 4 Madiun 

AENEWS9.COM| Madiun-Pelaksanaan kegiatan karnaval budaya tahunan desa Doho kecamatan Dolopo yang sempat vakum selama 2 tahun terakhir akibat pandemi Covid-19,Namun akhirnya, pada hari Minggu (28/8) semarak dan kemeriahan karnaval dapat kembali terlaksana .


Karnaval budaya kembali digelar tahun ini dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.Sebelumnya berbagai kegiatan kemeriahan telah digelar di lingkungan dukuh maupun lingkungan RT baik lomba-lomba maupun tasyakuran.


Antusias warga masyarakat desa Doho terlihat mulai dari anak-anak ,remaja , orang dewasa untuk mengikuti karnaval.Hal ini dibuktikan dengan unjuk kreativitas melalui kostum, atribut, maupun persembahan baik tari kreasi, seni tradisional,reyog,dongkrek dan lain sebagainya. 

kades Doho bersama Forkompimcs Dolopo di panggung kehormatan 


Berbagai kostum dikenakan peserta karnaval mulai pakaian adat, pakaian pejuang, petani maupun busana kreasi yang indah dan menarik 




Pawai karnaval dilepas langsung oleh Kepala Desa Doho,Markuat ,SH.di lapangan MIN 4 Madiun yang berakhir di garis finish gerbang masuk desa Doho. 


Para peserta mulai berdatangan ke lapangan MIN 4 Madiun sejak pukul 11.00 WIB. Setelah mengatur barisan, peserta pawai baru dilepas sekitar pukul 13.00 WIB.


Kontingen karnaval di buka oleh drumband dari MIN 4 Madiun di lanjutkan dengan peserta dari perwakilan RT se Doho.



Pawai karnaval budaya  désa Doho tahun 2022 ini  disambut antusias ribuan masyarakat, yang memadati sepanjang jalur perlintasan peserta  saat pawai.



Kepala Desa Doho, Markuat,SH mengatakan, karnaval budaya ini digelar perdana setelah sempat vakum akibat covid 19.Untuk memperingati HUT ke-77 RI, Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempererat silaturahmi antar warga sekaligus dapat membantu mengangkat perekonomian warga.


"Kegiatan karnaval semacam ini akan tiap tahun kita gelar dalam rangka HUT kemerdekaan. Tahun ini bisa dikatakan lebih meriah lagi karena dua tahun tidak digelar karena Covid-19,selain itu kegiatan ini juga dapat membantu perekonomian warga ," kata Markuat .


Markuat menambahkan Kegiatan karnaval budaya ini akan di gelar tiap tahun dan memperebutkan piala bergilir kepala desa Doho serta hadiah pembinaan. .


"Karnaval budaya ini di lombakan dan akan memperebutkan piala Bergilir Kepala Desa Doho serta uang pembinaan,"tutup kades Doho


Panitia karnaval budaya désa Doho menetapkan 3 kriteria dalam lomba tersebut, yaitu   kreatif , inovatif dan kerapihan.Untuk juara 1 panitia menyediakan uang pembinaan sebesar Rp satu juta rupiah, juara 2, Rp.750.Ribu,Juara 3.Rp.500 ribu serta juara harapan 1,2 dan 3 masing- masing Rp 250.ribu

 

Karnaval Budaya ini juga dihadiri Camat Dolopo,Danramil,Kapolsek Dolopo,Tokoh Masyarakat. ( ZAM)