Wisata "Cagak Telu" Sudimoro Nyaman Untuk Dijadikan Tempat Hunting Foto Maupun Bersantai - .

Breaking

Rabu, 15 Juni 2022

Wisata "Cagak Telu" Sudimoro Nyaman Untuk Dijadikan Tempat Hunting Foto Maupun Bersantai

destinasi wisata Cagak Telu Sudimoro Pacitan

AENEWS9.COM || Pacitan
– Tempat wisata yang rencananya akan dibangun menjadi rest area ini terletak di Pacitan, tepatnya di Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro. Letaknya yang strategis memudahkan para pengunjung untuk menjangkaunya karena berlokasi di jalan raya Pacitan-Trenggalek. Tempatnya yang luas serta menyuguhkan pemandangan indah menjadikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung dari berbagai kota maupun masyarakat sekitar.

Yang menarik disini adalah tidak ada tarif biaya untuk memasuki lokasi ini. Namun saat  pandemi dikenakan biaya parkir kepada pengunjung sebesar 5000 rupiah untuk mobil pribadi dan 2000 rupiah untuk motor. Tetapi, biaya yang ditarik tidak berlangsung setiap hari. Melainkan hanya dilakukan di saat libur panjang seperti libur tahun baru dan libur lebaran. Biasanya, uang parkir akan di kelola oleh karang taruna setempat sebagai uang kas perawatan sarana dan prasarana yang ada di lokasi ini.


Panorama alam yang disuguhkan di Cagak Telu terkesan alami dan memanjakan mata. Bisa menikmati keindahan pantai yang dapat dilihat dari tempat ini. Terutama  bagi pengunjung dari berbagai wilayah. Tempat yang sejuk disertai pepohonan rindang di sepanjang lahan wisata membuatnya menjadi teduh dan nyaman untuk dijadikan tempat hunting foto maupun bersantai.


Tidak hanya panorama laut saja yang bisa kita nikmati. Tetapi juga terdapat cafe dengan  latar  belakang  PLTU Sudimoro. Cafe yang baru saja dibangun pada awal tahun 2022 ini menambah daya tarik pengunjung untuk bersantai bersama teman, pasangan, maupun keluarga. Dengan pemandangan dan fasilitas yang disediakan, tentunya akan menambah kenyamanan tersendiri bagi pengunjung untuk berumpul dengan orang tersayang.


Suasana Caffe Energi Cagak Telu  pada malam hari tak kalah indahnya.  Selain itu juga panorama  sore hari yang menyuguhkan senja.


Di malam hari, pengunjung dimanjakan dengan pernak-pernik lampu dari cafe  dengan suasaana  pemandangan PLTU.  Selain itu   di malam har, bisa melihat  kapal yang bersandar maupun yang sedang lalu lalang di sebelah selatan PLTU.

Tak kalah menariknya pengunjung bisa menikmati menu andalan di Caffe Energi Cagak Telu ini adalah minuman Boba. Boba atau bola-bola kecil berwarna coklat yang terbuat dari tepung tapioka dan disajikan dengan susu tersebut banyak diminati oleh berbagai kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa dengan varian rasa yang bermacam-macam. Rasanya yang manis dan segar membuatnya laris, terutama dikalangan anak muda. Biasanya cafe akan ramai dikunjungi saat malam minggu maupun di saat liburan.

Selain cafe yang menyuguhkan pemandangan indah, fasilitas yang disediakan d isini juga cukup lengkap. Terdapat warung makan, kios, toilet, mushola, dan tempat bermain untuk anak yang pastinya dapat memanjakan pengunjungnya.

Di sebelah selatan Caffe Energi Cagak telu terdapat berbagai macam tanaman buah yang dijadikan sebagai agrowista. Salah satu tanaman buah yang sampai saat ini dikelola dengan baik adalah buah naga. Dari sini, pemandangan yang disuguhkan juga tak kalah indah tentunya. Pemandangan yang hijau dengan udara yang sejuk serta laut yang biru menjadikan kesan menarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang mendatangi tempat ini.

Jika kita berjalan lebih ke selatan, terdapat penangkaran rusa yang dikelola  oleh  desa. Rusa tersebut didapatkan dari hibah Yayasan As-Salam sebanyak 7 ekor. Namun karena kondisi yang jauh dari pemukiman dan perawatannya membutuhkan keahlian khusus, hewan tersebut kini hanya tersisia beberapa ekor saja.

Dengan adanya potensi di Wana Wisata Cagak Telu  diharapkan pariwisata di Pacitan, khususnya di Sudimoro dapat meningkat serta memajukan perekonomian warga setempat.

Sumber daya alam yang kaya di wilayah ini dapat dimanfaat sebagai lahan perkebunan, pertanian, dan pariwisata secara bersamaan apabila dikelola dengan baik. Potensi dan peluang tersebut perlu dieksplor  atau dipromosikan agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Salah satu yang kami lakukan sebagai generasi penerus mempublikasikan dengan sebuah tulisan  yang terkait dengan Wana Wisata Cagak telu.  Mari kita berkunjung ke Cagak Telu nikmati sensasi keindahan panorama senja dan malam hari sambil menikmati menu makanan yang tersedia.

Penulis: Adelia Hargianti/P.mat