Jembatan Gantung Pangger Desa Tileng Destinasi Favorit Goweser - .

Breaking

Selasa, 07 Juni 2022

Jembatan Gantung Pangger Desa Tileng Destinasi Favorit Goweser


AENEWS9.COM| Madiun
- Tak harus lagi memutar jauh karena kondisi geografis, kini warga Desa Tileng Kecamatan Dagangan Kabupatèn Madiun dapat memperpendek jarak tempuh jika akan beraktifitas ke sekolah,bekerja, pasar guna menjual hasil pertanian.

Sebab melalui kementrian PUPR telah dibangun jembatan gantung yang terletak di penghubung Dusun Gondoroso Desa Tileng dengan Desa Segulung Kecamatan Dagangan Kabupatèn Madiun 2021 silam.


Jembatan yang diberi nama Pangger yang dibangun dengan tingginya mencapai 40 meter dan  panjang 120 meter lebar 3 meter diatas jurang sedalam 300 meter itu sebagai penghubung antar wilayah juga sebagai jalur distribusi hasil pertanian di wilayah tersebut.Disamping itu panorama alam yang melatarbelakangi jembatan gantung itu dapat dijadikan obyek wisata yang Instagramable. 


Banyak pengunjung yang datang untuk melihat kemegahan jembatan gantung Pangger yang baru diresmikan Bupati Madiun beberapa waktu lalu tersebut yang bisa dikatakan sebagai jembatan gantung terpanjang di kabupaten Madiun. Baik untuk sekedar menikmati keindahan panorama sekitar jembatan dengan berswa foto berlatar jembatan atau yang hobi olaharaga  bersepeda dapat  sekaligus berolahraga cross country bike karena jalurnya juga sedikit menguji adrenalin dimana jalur yang dilalui sedikit menikung curam dan ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi kalangan goweser.

Deny R.Trisawan salah satu pengunjung dari Nguntoronadi Magetan mengaku takjub dengan kemegahan jembatan gantung yang di bangun diatas jurang dimana panorama keindahan alamnya yang menghijau menghampar menambah estetika  jembatan gantung tersebut.

" Hamparan hijau pepohonan hutan menambah kesan estetik jembatan gantungnya,bagus untuk swa foto, keren sekali, " kata Deny.



Jembatan gantung Tileng ini juga sangat berpotensi untuk menjadi obyek wisata Rappelling dan Abseilling ( turun tebing)kelak di kemudian hari mengingat tempatnya yang sangat cocok  untuk kegiatan olahraga alam petualang.

Harus diakui masih banyak fasilatas pendukung yang harus di bangun jika jembatan gantung di desa Tileng itu nantinya menjadi salah satu destinasi wisata kabupaten Madiun.Seperti warung makan, mushola  walaupun sudah ada sedikit fasilitas pendukung seperti warung dan kamar mandi.Selain itu akses jalan menuju jembatan  yang bergelombang dan sempit perlu di perbaiki.

Seperti diketahui Pemkab Madiun sedang giat- giatnya mengembangkan kawasan wisata sebagaimana telah ditetapkan Perda Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2017 Tentang  Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan  Provinsi  Jawa Timur Tahun 2017-2032.

Ada tiga kawasan pengembangan pariwisata kabupaten Madiun yakni, Selingkar Wilis, Selingkar Pandan dan Caruban Raya.

Sedangkan jembatan gantung Pangger  yang ada di Desa Segulung dan Desa Tileng termasuk dalam pengembangan Selingkar Wilis.( INg)