Sebagai Penunjang Sarana Komunikasi Bagi Petani Pemdes Tambakmas Bangun Gardu Tani - .

Breaking

Jumat, 20 Mei 2022

Sebagai Penunjang Sarana Komunikasi Bagi Petani Pemdes Tambakmas Bangun Gardu Tani


AENEWS9.COM-Kabupaten Madiun
- Desa Tambakmas kecamatan Kebonsari dikenal agraris karena sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani atau hidup dari bercocok tanam.

Guna mendukung progam produktivitas pertanian desa, Pemerintah desa Tambakmas memiliki peranan penting dalam pembangunan pertanian. Karena itu, pembangunan infrastruktur pedesaan  yang bersumber dari dana desa dinilai tepat dalam mendukung pemerataan pembangunan yaitu membangunkan fasilitas gubuk tani berukuran 2,5X5 yang bersumber dari  anggaran Dana Desa  Tahun 2022 sebesar Rp 20 juta berlokasi di dusun Datengan Desa Tambak Mas Kebonsari.

Tahap pembangunan gubuk tani yang masih dalam pengerjaan dilakukan oleh masyarakat desa tambakmas  dengan skema Padat Karya Tunai.

Sugeng Wibowo,S.Pd Kepala Désa Tambakmas ditemui di lokasi pekerjaan menjelaskan bahwa pembangunan gubuk tani tersebut, 

sudah melalui musyawarah desa dan sudah masuk dalam RPJMDes kedepan. Dimana akan dibangun empat gubuk tani di setiap dusun secara bertahap, untuk tahun ini baru bisa merealisasikan satu gubuk tani.Rencananya akan dijadikan sebagai tempat berkumpul Kelompok Tani (Poktan) dan petani untuk segala kegiatan dan musyawarah.Sekaligus tempat Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

“Pembangunan fasilitas gubuk tani ini sudah melalui musyawarah desa yang rencananya akan dibangun disetiap dusun secara bertahap," kata Sugeng Wibowo,S.Pd.

Sugeng Wibowo menambahkan Pemerintah menggulirkan Dana Desa sejak tahun 2015 sebagai salah satu upaya dalam peningkatan pemerataan pembangunan, terutama dalam peningkatan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dana Desa juga merupakan perwujudan salah satu ­Nawa Cita yaitu“Membangun Indonesia dari Pinggiran dan Desa”.

Untuk itu dirinya berharap dengan dibangunnya gubuk tani  oleh pemdes Tambakmas di dusun Datengan tersebut sebagai wujud kehadiran pemerintah desa dalam upaya mengimplementasikan pemerataan pembangunan semua sektor.Serta dapat menjadi wadah untuk membahas segala hal kegiatan pertanian di wilayah tersebut. 

Secara langsung gubug ini juga akan menjadi sarana bagi petani untuk belajar bersama meningkatkan kualitas dan kuantitas tanamannya. Saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengolah ladangnya. Bagi penyuluh pertanian juga akan lebih mudah untuk mengumpulkan memberikan penyuluhan kepada petani, terutama untuk kegiatan sekolah lapangan bagi petani, niscaya keberhasilan panen meningkat, dan mendukung ketahanan pangan Desa Tambakmas.

Kades Sugeng Wibowo  juga berpesan, supaya segala keluh-kesah mengenai masalah pertanian bisa diselesaikan di gubuk tani.

“Semoga, setelah bangunan ini jadi, jika nanti ada masalah mengenai kelompok terutama masalah pertanian, kita selesaikan disini. Karena sudah disediakan tempat, untuk menyampaikan segala keluhan, saran, maupun kritik,” tutup Kades Sugeng Wibowo.( BUN)