Pemandian Air Hangat Tirto Husodo Arjosari Menjadi Objek Wisata Terapi Kesehatan - .

Breaking

Rabu, 11 Mei 2022

Pemandian Air Hangat Tirto Husodo Arjosari Menjadi Objek Wisata Terapi Kesehatan

Wisata Air Hangat Arjosari Pacitan

AENEWS9.COM| Pacitan
-Salah satu daerah pariwisata potensial yang terdapat di Indonesia yaitu Kota Pacitan yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pacitan merupakan sebuah kota yang terletak di Jawa Timur, lokasinya berada di barat daya Surabaya dan juga berbatasan langsung dengan Jawa Tengah.

Pacitan dikenal memiliki destinasi wisata dengan keindahan yang memesona. Seperti wisata goa-goa, air terjun, objek wisata pantai yang berada di sepanjang pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sampai dengan wisata pemandian air hangat ada di Kota Pacitan. Bentang alam ini menjadikan Pacitan sebagai salah satu destinasi yang memiliki banyak wisata alam. Pacitan juga mendapat julukan sebagai Kota 1001 Goa.

Alasan dibalik julukan tersebut adalah jumlah goa yang banyak di Pacitan. Terdapat salah satu goa terindah se-Asia Tenggara yaitu Goa Gong dan tentunya masih banyak lagi goa-goa yang indah lainnya.

Memang tempat wisata Pacitan tidak kalah dengan wisata di kota besar lainnya. Objek wisatanya selalu memiliki daya tarik untuk dikunjungi wisatawan. Bappeda Jawa Timurmenjelaskan melalui situsnya bahwa 85% area Pacitan terdiri dari perbukitan dan pegunungan.

Tak heran jika banyak ditemukan wisata alam yang memesona. Dari data Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, jumlah wisatawan di Kabupaten Pacitan mencapai 2.305.119 orang pada tahun 2019. Terdiri dari terdiri dari 1.211 wisatawan mancanegara dan 2.303.908 wisatawan domestik.

Hal ini membuktikan bahwa destinasi wisata Pacitan memiliki keindahan yang banyak mengundang wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Objek wisata yang tak kalah menarik lainya di Kota Pacitan adalah Pemandian AirHangat Tirto Husodo yang berada di wilayah Arjosari, Kabupaten Pacitan.

Meski jauh dari gunung api aktif, Pacitan juga memiliki pemandian air panas. Bukan air hangat, sumber air pemandian ini alami dan berasal dari dalam bumi. Pemandian air yang hangat ini tepatnya berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Jarak pemandian ini dari pusat Kota Pacitan hanya sekitar 16,5 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Akses jalan menuju lokasi wisata air hangat ini cukup bagus dan sudah beraspal.

Sepanjang jalan, wisatawan akan disuguhi keindahan alam perbukitan dan persawahan. Sepanjang perjalanan menuju pemandian ini, suasananya cukup sejuk karena lokasi tempat wisata alam air hangat berada di daerah pedesaan.

Rute menuju pemandian udara hangat jika dicapai dari Pacitan adalah melewati jalan utama Pacitan-Ponorogo. Begitu sampai Pasar Arjosari, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok utara (kiri) memasuki Jalan Arjosari-Banyu Anget. Jika ditempuh dari Kota Surakarta, Wonogiri atau Yogyakarta, rutenya terlebih dahulu melewati Kota Pacitan.

Jika berangkat dari Ponorogo, maka ikuti jalan utama menuju Pacitan. Nanti begitu sampai Pasar Arjosari, perjalanan berbelok ke arah utara (kanan) melewati Jalan Arjosari-Banyu Anget. Sekitar 5 kilometer di kanan jalan, sampailah perjalanan di pemandian air hangat.

Keunggulan Pemandian Air Hangat Tirto Husada atau biasa dikenal Banyu Anget adalah air hangatnya bisa untuk terapi kesehatan dan terapi untuk tubuh para pengunjung. Misalnya penyakit kulit, reumatik, stroke dan sebagainya. Tempat ini dibuka dan dikelola oleh Pemkab Pacitan sudah sejak tahun 1995 dan masuk dalam kategori wisata paling diminati nomor tiga di Kabupaten Pacitan, setelah Pantai Klayar dan Goa Gong.

Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini adalah Rp. 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp.5.000 untuk anak – anak. Di pemandian air hangat tersebut, terdapat empat kolam air hangat dan satu tempat spa air hangat. Dua kolam untuk dewasa seluas 11 meter x 17 meter dengan kedalaman 1,4 meter, dan seluas 8 meter x 12 meter dengan kedalaman 1 meter.

Khusus kolam untuk anak-anak, luasnya 12 meter x 6 meter dengan kedalaman 50 cm, sedangkan untuk spa hanya disediakan satu ruangan yang bisa menampung tidak lebih dari 10 orang. Pemandian air hangat alami ini mengalir dari atas bukit. Air hangatnya memiliki kandungan belerang yang cukup, sehingga airnya bening dan segar serta tidak tampak warna kekuningan dengan suhu air sekitar 40,7 derajat celcius. Meskipun berasal dari air belerang, namun air tetap jernih dan tidak lengket.

Untuk menjaga kesehatan dan keberssihan, tiap minggu kolamnya pun dikuras sampai dua kali agar tetap bersih.

Selain itu, tersedia Solus Per Aqua (SPA) yang bisa digunakan pengunjung untuk mendapatkan pelayanan mandi khusus dan lebih memuaskan, biaya perjamnya Rp 15.000. Tak hanya itu, pemandian ini juga dilengkapi dengan penginapan villa yang berjumlah 2 unit masing-masing 3 kamar.

Bila pengunjung ingin menginap biaya perkamar semalam cukup Rp 150 ribu saja. Selain pengobatan, jika pengunjung ingin membeli oleh-oleh, di area pemandian Air Hangat Tirto Husodo juga tersedia berbagai macam jenis sekaligus pernak-pernik batu mulia, kaos souvenir banyu anget dan lain-lain.

Dengan fasilitas penunjang yang memadai tersebut, diharapkan pengunjung dapat menikmati dengan puas dan nyaman. Kita sebagai warga lokal patut bangga terhadap kekayaan wisata alam yang berada di Kota Pacitan. Kita juga harus turut serta menjaga dan memperkenalkannya kepada masyarakat luas baik lokal maupun mancanegara.(AYU KRIS SINTYA)