PT.Kahayan Berseri Selenggarakan Pemberdayaan Supplier Karet, Sosialisasi Tanpa Deforestasi Untuk Mewujudkan Program Karet Alam Berkelanjutan. - .

Breaking

Rabu, 20 April 2022

PT.Kahayan Berseri Selenggarakan Pemberdayaan Supplier Karet, Sosialisasi Tanpa Deforestasi Untuk Mewujudkan Program Karet Alam Berkelanjutan.


AE NEWS9.COM |Pulang Pisau
- PT. Kahayan Berseri bekerja sama dengan pihak pemasok karet dalam rangka pemberian sosialisasi dan edukasi perihal high conservation value. 

Materi ini disampaikan oleh Mia selaku QMR PT. Kahayan Berseri kepada pemasok karet demi terwujudnya program keberlanjutan karet alam dunia yang mengajak masyarakat untuk tidak berkontribusi dalam deforestasi sesuai dengan asas Global  Platform Standard Natural Rubber (GPSNR). 

" Program ini juga mengajak masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar lahan ataupun menebang hutan secara sembarangan" Ungkap Mia

Sosialisasi dan pelatihan ini diadakan di Ruang Meeting PT. Kahayan Berseri, 20 / 4/2022.

Mia menambahkan para pemimpin dunia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Iklim di Glasgow (COP26) menyatakan tekad untuk mengakhiri dan mengatasi dampak pengggundulan hutan pada tahun 2030. 

Berdasarkan pengalaman di berbagai sektor lain dan seiring dengan meningkatnya perhatian terhadap krisis biodiversitas global dan perubahan iklim, maka sektor karet sepertinya berada di fase awal transformasi, di mana perhatian terhadap dampak lingkungan dan sosial mendorong pengambilan keputusan seputar investasi, strategi usaha dan keberlanjutan karet alam.

"Secara sistematis, tujuan dari pendekatan sosialisasi karet ini adalah untuk mengembangkan strategi keberlanjutan karet alam dunia agar tidak berdampak dalam perubahan iklim dan keaneka-ragaman hayati" lanjutnya.

Pendekatan kepada masyarakat setempat dan pemasok karet ini dilakukan agar dapat mencapai tujuan dari strategi kebijakan kehutanan, strategi pembangunan berkelanjutan, strategi pengelolaan sumber daya alam, kebijakan pembangunan nasional dan pengentasan kemiskinan. 

Oleh sebab itu PT.Kahayan Berseri menganjurkan Hutan Tanaman Karet Alam Berkelanjutan tanpa kontribusi deforestasi kepada masyarakat setempat untuk mewujudkan komitmen terhadap kinerja bisnis, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan. Strategi ini juga mengembangkan inklusi sosial dengan melakukan pelibatan masyarakat lokal dan mengembangkan kemitraan dengan para petani di sekitar perusahaan. Salah satu program utama yang dilakukan adalah pemberdayaan petani dan pemasok karet. 

Perusahaan menyadari perlunya transfer of knowledge agar pemasok karet memiliki teknik budidaya karet yang lebih produktif mulai dari proses pembibitan hingga pengelolaan pasca panen. Untuk itu PT Kahayan Berseri akan berencana ke depannya akan melakukan berbagai kegiatan, mulai dari pendampingan teknis, sekolah lapang (field school), sampai penguatan kelembagaan terkait tentang manajemen bisnis dan juga menampung hasil karet produksi masyarakat dengan harga yang kompetitif.

Mia mengatakan, saat ini terdapat puluhan petani swadaya kecil juga terlibat dalam rantai pasok perusahaan. Petani dan pemasok karet tersebut kemudian dibina untuk melakukan budidaya berkelanjutan, “Kami juga berusaha bukan hanya menjaga kawasan hutan yang ada, tapi mengajak masyarakat sekitar perusahaan kami untuk melakukan konservasi”, tutupnya.( RD/ Rilis )