Selamat Hari Teater Sedunia 27 Maret 2022 - .

Breaking

Senin, 28 Maret 2022

Selamat Hari Teater Sedunia 27 Maret 2022


AENEWS9.COM | Bandung
-Hari Teater sedunia atau World Theatre Day (WTD) adalah perayaan internasional yang diperingati setiap tanggal 27 Maret setiap tahunnya.

Seni Teater merupakan jenis kesenian pertunjukan drama yang dipentaskan di atas panggung dengan menampilkan perilaku manusia dengan gerak, tari, dan nyanyian yang disajikan lengkap dengan dialog dan juga akting.

Jenis kesenian pertunjukan drama yang dipentaskan di atas panggung. Secara spesifik, pengertian teater merupakan sebuah seni drama yang menampilkan perilaku manusia dengan gerak, tari, dan nyanyian yang disajikan lengkap dengan dialog dan akting.

Secara etimologis, kata “teater” berasal dari bahasa Inggris “theatre” dan bahasa Yunani “theaomai” yang berarti takjub melihat dan mendengar. Namun secara umum, pengertian teater adalah suatu kegiatan manusia dalam menggunakan tubuh atau benda-benda yang dapat digerakan. Ada suara, musik dan tarian sebagai media untuk ekspresi cita, rasa, dan karsa seni, misalnya opera, sendratari, berbagai jenis wayang, ludruk, dan lain sebagainya

Teater juga dapat dikatakan sebagai manifestasi dari aktivitas naluriah, seperti anak-anak bermain sebagai dokter dan pasien atau bermain perang-perangan. Selain itu teater juga sebagai pembentukan strata sosial kemanusiaan yang berhubungan dengan masalah ritual, seperti upacara adat atau kenegaraan. Dalam sebuah teater ada berbagai jenis dan unsur-unsur yang perlu untuk dipahami.


Seni teater sendiri cukup mudah dijumpai termasuk di lingkungan akademik, seperti salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UPI yaitu Teater Lakon, dikutip dari istagram upiofficial Senin (28/3/2022

Teater Lakon merupakan organisasi mahasiswa yang ada dilingkungan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang mewadahi Mahasiswa/i untuk mengembangkan minat dan bakat dalam bidang seni, khususnya seni teater.

Semoga dengan diperingatinya hari teater sedunia ini, dapat meningkatkan semangat dan inspirasi untuk terus berkarya melalui seni teater dan ke depan seni pertunjukan tanah air semakin maju. (AH)