Sekardadu” Sekolah Rawat Daerah Aliran Sungai di Banyuwangi - .

Breaking

Kamis, 31 Maret 2022

Sekardadu” Sekolah Rawat Daerah Aliran Sungai di Banyuwangi


AENEWS9.COM| Banyuwangi
 – Banyuwangi luncurkan Sekolah Rawat Daerah Aliran Sungai di Banyuwangi (Sekardadu).  Sekardadu adalah gerakan masif menjaga aliran sungai dari kerusakan yang melibatkan sekolah dan perguruan tinggi, dikutip dari istagram  banyuwangi_kab Rabu (30/3).

Program yang juga dikenal dengan SAS (Siswa Asuh Sungai) ini melibatkan sekolah tingkat SD – SMA dan perguruan tinggi, mereka diberi tanggung jawab menjaga kebersihan aliran sungai di sekitar lingkungan mereka.

Kegiatannya mulai promotif, preventif, kuratif, hingga rehabilitasi DAS di lingkungannya. Selain warga diberi edukasi, dalam Sekardadu juga dilaksanakan berbagai program seperti pemanfaatan stren kali untuk destinasi wisata, pemasangan screenguard di sungai, sungai untuk kolam ikan, penanaman pohon, dan lainnya.

Seperti Dam Tengoro di Desa/Kecamatan Songgon yang menjadi lokasi pe;uncuran program ini. Dam Tengoro ditata sedemikian rupa menjadi ruang publik bagi warga sekitar. Selain kawasannya yang bersih dan asri, dam tersebut juga dilengkapi kolam bermain anak, juga ada kolam ikan.

Tak hanya Dam Tengoro, belasan Dam di Banyuwangi juga akan ditata menarik, sehingga menjadi ruang terbuka  untuk warga berkumpul.(*)