KTH Mitra Makmur Desa Plumpung Mulai Kembangkan Kacang Sacha Inchi - .

Breaking

Rabu, 16 Maret 2022

KTH Mitra Makmur Desa Plumpung Mulai Kembangkan Kacang Sacha Inchi

Penanaman bibit kacang Sacha inchi pola kemitraan di lahan petani hutan desa Plumpung Plaosan Magetan

AENEWS9 COM| Magetan-Sekitar 2000 bibit  pohon kacang Sacha Inchi tahap awal mulai didistribusikan kepada petani Kelompok Tani Hutan(KTH) Mitra Makmur desa plumpung oleh PT Samira Solo sebagai bentuk kemitraan penanaman kacang Sacha Inchi.

 

Penyerahan bibit kacang Sacha inchi langsung diserahkan oleh Jhony Aristanto perwakilan PT Samira yang diterima oleh Kelompok Tani Hutan ( KTH) MITRA MAKMUR  Desa Plumpung yang diwakili Muhtadi Petugas Penyuluh Kehutanan Dinas Kehutanan Cabang Madiun.Dimana bibit awal tersebut nantinya akan di tanam dilahan seluas 6HA yang berlokasi di dusun Tawing dan rencananya akan diperluas hingga 5 HA.


Kepada Media ini perwakilan PT Samira Solo Jhoni Arisanto mengatakan pengiriman bibit Sacha Inchi kepada KTH MAKMUR desa Plumpung realisasi dari hasil pertemuan beberapa waktu lalu. 


"Ini adalah realisasi dari pertemuan beberapa waktu lalu, jadi kita mulai pengiriman awal 2 ribu bibit dari 20ribu permintaan KTH Mitra Makmur ,Mudah- mudahan untuk perdana tanam di musim ini dapat dinikmati hasilnya kelak,"kat Jhoni (15/3)


penandatanganan kontrak kemitraan petani hutan desa Plumpung dengan PT Samira


Menambahkan Muhtadi, inisiator penanaman kacang Sacha inchi di wilayah Magetan setelah diadakan workshop tentang komoditas pangan kacang Sacha Inchi sekitar beberapa waktu yang lalu serta melihat peluang potensi ekonomi untuk petani.Dalam hal ini petani yang tergabung dalam KPH Mitra Makmur  desa Plumpung menjalin kemitraan dengan PT Samira dalam pengembangan pertanian kacang Sacha Inchi  secara organik. Tujuannya, membangun gerakan pelestarian alam serta memupuk kemandirian petani, sehingga petani bisa memiliki penghasilan sendiri. 


“Selain itu juga untuk melatih jiwa usaha para petani. Sehingga petani desa Plumpung , mereka mempunyai bekal ilmu dan pengetahuan serta life skill untuk berwirausaha,” kata Muhtadi disela penanaman bibit kacang Sacha inchi Selasa (15/3/2022) .

Pada kesempatan sama ketua KTH Mitra Makmur menyampaikan semua proses berjalan lancar dengan harapan tanaman Sacha Inchi dapat menjadikan petani hutan desa Plumpung sejahtera dan mohon bimbingan dari PT Samira serta pendamping dari petugas dinas kehutanan agar komoditas baru ini bisa dapat dikembangkan kedepannya.

Selain Penyerahan bibit Sacha Inchi kepada petani desa Plumpung juga dilakukan akad Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kemitraan Offtaker dengan PT Samira atas Tanaman Sacha Inchi dan penananaman secara simbolik yang juga dihadiri petani hutan desa Plumpung, Danramil Plaosan serta perwakilan dinas Kehutanan.( ZAM)