Teater Sentir STKIP PGRI Pacitan Rutin Latihan Asah Kemampuan - .

Breaking

Jumat, 25 Februari 2022

Teater Sentir STKIP PGRI Pacitan Rutin Latihan Asah Kemampuan


AENEWS9. COM| Pacitan
-Di era teknologi, ketika komputer bisa membuat seseorang yang tidak ada menjadi ada, manusia yang bisa terbang menembus awan, dan manusia yang menembus lautan terdalam, nyaris tak bisa dilakukan oleh panggung dan teater.


Teater adalah bentuk seni pertunjukan kolaboratif dengan pemain/perfomer/aktor yang dihadirkan secara langsung. Tujuannya adalah untuk menyajikan pengalaman (imajiner secara nyata) di hadapan penonton untuk hal-hal tertentu.


Perlu kita lihat manfaat dari mendalami teater yang tidak kita sadari, yakni membentuk  respon dan sikap tanggap kita terhadap realitas yang ada di sekeliling kita.


Latihan rutin tiap hari Kamis,  jam 15.00 WIB (24/2/2022) senantiasa dilakukan khususnya oleh Unit Organisasi Mahasiswa Teater Sentir STKIP PGRI Pacitan.




Suci Fitrianingsih sebagai ketua Organisasi Mahasiswa menjelaskan anggota sebanyak 90 an mahasiswa yang hadir hanya 9 orang dengan tidak ada kejelasan alasan mengapa mereka tidak datang.


Walaupun yang hadir baru 9 orang, latihan tetap dilaksanakan bertempat di Lapangan Orahraga STKIP PGRI Pacitan.


Apa yang didapatkan dari penyajian pengalaman secara langsung tersebut?  Respon manusiawi,  respon psikologis, dan respon indrawi terkait realitas kehidupan kita.


“Hari Kamis (24/2/2022),  materinya pembagian profesi untuk pengukuhan dan latihan drama pendek,” jelas Uci Fitrianingsih.


Tentunya, hal itu bertujuan untuk membentuk manusia menjadi manusia yang sesungguhnya. Semoga minat mahasiswa tumbuh kembali biar nilai-nilai yang terkandung dalam Teater bisa membentuk karakter mahasiswa yang tanggap dan responsif terhadap perubahan jaman. (*)