Sukses Tanam Kelengkeng, Ariyanto Ajak Generasi Muda Untuk Tidak Malu Terjun Di Dunia Pertanian - .

Breaking

Selasa, 01 Februari 2022

Sukses Tanam Kelengkeng, Ariyanto Ajak Generasi Muda Untuk Tidak Malu Terjun Di Dunia Pertanian

buah kelengkeng jenis New Cristal yang ditanam Ariyanto

AENEWS9.COM
| Ponorogo- Ketekunan dan kesabaran  serta Do'a menjadi pintu kesuksesan .Maka setiap orang akan memiliki jurus dan trik sendiri untuk mendapatkan mimpinya. Seperti halnya yang dialami oleh Ariyanto, yang kesehariannya adalah seorang  Kepala Dusun Plebon Désa Carangrejo Kecamatan Sampung Kabupatèn Ponorogo  sukses membudidayakan tanaman buah kelèngkèng.


Berbekal belajar dan ketekunan, Ariyanto mengembangkan pertanian kelengkeng setelah gagal menjadi petani padi.Di halaman belakang rumahnya yang seluas 3800 meter persegi Arianto mengembangkan kelengkeng varietas new kristal, Kinglong, Puangray dll.

Aryanto petani Kelengkeng dari desa Carangrejo Sampung Ponorogo

Kepada Media ini Ariyanto menceritakan bagaimana awalnya dia mulai tertarik menanam klèngkèng, ketertarikannya pada dunia pertanian sejak 2001- 2008 saat dirinya bertani padi organik namun ditengah jalan menemui permasalahan produksi hasil yang kurang maksimal serta pemasaran yang sulit saat itu.Di Tahun 2008  dirinya diangkat menjadi kepala dusun, dirinya bekerja sama dengan lingkungan untuk membuat perkebunan yang memanfaatkan lahan belakang rumah, dimana banyak lahan dibelakang rumah yang tidak produktif. Waktu itu sepakat untuk menanam pohon jati namun di bersit pikiran saya untuk berkebun klèngkèng dengan harapan dengan berkebun klèngkèng bisa terintegrasi dengan perkebunan,peternakan dan perikanan kedapannya.Untuk saat ini masih konsentrasi pengembangan budidaya buah klengkeng.


"Sejak tahun 2017 saya berkebun mengembangkan kelengkeng varietas New Kristal di kebun belakang rumah dan di beberapa lokasi disekitar rumah,Varietas ini sangat cocok dikembangkan di desa saya,” ungkapnya.

kebun kelengkeng milik Ariyanto dan bibit buah kelengkeng yang siap di jual


Ariyanto melanjutkan bahwa dirinya masih punya mimpi mengembangkan kelengkeng lebih luas lagi yang bisa terintegrasi dengan perikanan dan peternakan 


“Saya masih punya mimpi untuk mengembangkan kelengkeng lebih luas lagi yang bisa terintegrasi dengan pertanian dan peternakan sehingga Desa Carangrejo,khususnya dusun Plebon  nanti dikenal sebagai destinasi agrowisata kelengkeng dan memenuhi kebutuhan kelengkeng dalam negeri," ungkap Ariyanto.


Bagi dirinya terjun di dunia pertanian merupakan hal yang menarik, termasuk untuk generasi muda  lainnya. Apalagi di tengah kondisi lapangan pekerjaan kian terbatas   sehingga pengangguran meningkat. Karena itu menurut nya, agribisnis menjadi solusi yang baik mengatasi hal tersebut.


" Banyak anak muda jaman sekarang lebih tertarik bekerja di kantor,  kerja di ruang yang sejuk,  untuk terjun kedunia pertanian sangat minim. Maka saya ajak anak muda yang lain jangan takut bertani, kesempatannya masih terbuka lebar,” ujarnya.


Ariyanto membudidayakan  kelengkeng dengan menanam lebih kurang100 pohon. Satu pohon mampu menghasilkan 60– 80 kg buah kelengkeng. Ia menjual Rp 50 ribu perkilo sehingga satu pohon bisa meraup untung Rp 5 juta.


Ia juga menjual kelengkeng kepada pengunjung yang langsung datang ke kebun kelengkeng.


“Orang suka datang ke sini untuk beli dengan cara memetik langsung dari pohonnya,” ujarnya.

Dirinya melakukan usaha budidaya kelengkeng dengan bekerja sama dengan pihak lain.

“Banyak toko buah yang ingin bermitra tapi saya belum bisa terima karena saya juga masih sering kekurangan stok,” katanya.

Saat ini, Ariyanto bersama saudaranya serta beberapa petani binaan mulai mengembangkan budidaya kelengkeng di beberapa desa.

Selain itu, ia juga menjual bibit kelengkeg hasil okulasi dan cangkok. Satu bibit dibandrol Rp 65-100 ribu. Bibit yang digunakan yaitu varietas New Crystal.

Ariyanto juga terbuka untuk berbagi ilmu kepada pelanggan yang membeli bibit kelengkeng darinya.

“Jika mereka mengadu ada masalah jika sempat saya akan datangi lokasi tanamnya,” ungkapnya.

Ia berharap bisa terus maju membudidayakan kelengkeng.

*Info Pemesanan Bibit Klèngkèng bisa hubungi : Ariyanto (  0822-3484-9908 ) Reporter: Zain Mursid

Keterangan Foto:- Kelèngkèng New Cristal
-Ariyanto petani kelengkeng yang juga seorang perangkat desa
-Kebun kelengkeng milik Ariyanto dan bibit kelengkeng yang sudah di polibek