Sosialisasi Komoditi Kacang Sacha Inchi Mulai Merambah Desa Jeruk Pacitan - .

Breaking

Jumat, 04 Februari 2022

Sosialisasi Komoditi Kacang Sacha Inchi Mulai Merambah Desa Jeruk Pacitan


AENEWS9.COM
|Pacitan- Potensi  budidaya tanaman kacang Sacha Ichi mulai banyak di kembangkan di kalangan petani  dimana komoditas ini diharapkan dapat menambah pendapatan bagi para petani sejalan itu Rabu, (2/2/22) sore komoditi kacang Sacha ichi ini pun diperkenalkan kepada petani di   dusun Jambu desa jeruk kec.Bandar,Pacitan.


Dalam sosialisasi budidaya kacang Sacha Ichi tersebut disampaikan oleh Joni Aristanto praktisi tanaman kacang Sacha Ichi dari PT.AMIRA .


Dalam materi yang disampaikan tersebut,  Joni Aristanto mengupas keunggulan jenis komoditi baru itu, bahwa peluang menanam kacang Sacha Ichi bagi petani masih sangat terbuka lebar, 

selain sebagai superfood yang kaya nutrisi, juga punya nilai jual yang sangat fantastis.Dirinya   kepada sejumlah kelompok tani yang selama ini hanya bergelut dengan tanaman umumnya seperti padi, sayuran, palawija,dll, maka olehnya diperkenalkan komoditi baru tanaman kacang Inca. 




Sacha inchi atau juga biasa disebut kacang Inca Tanaman yang berasal dari hutan Amazon Peru,Amerika Latin ini belum begitu populer. Padahal, dinegara-negara tetangga seperti malaysia dan Thailand, tanaman dengan nama latin Plukenetia volubilis ini menjadi andalan petani setempat karena punya nilai jual fantastis.


Kacang Sacha merupakan jenis tanaman yang diproduksi bijinya untuk aneka produk. Bijinya pun bisa dijadikan camilan setelah digoreng atau disangrai Bentuk kacang ini menyerupai bintang dengan tekstur kulit yang keras dan berlapis dengan kandungan nutrisi Omega 3 dan Omega 6 yang selama ini hanya didapat dari hewani.


Dalam sosialisasi tersebut juga dijelaskan semua  kepetani, baik mulai proses pembibitan, tanam, perawatan, panen, intinya mulai dari batang sampai daun masih bisa digunakan untuk produk turunannya  salah satunya dijadikan minuman teh yang diambil dari daunnya.


Arif  Setyawan salah satu tokoh pemuda desa Jeruk kecamatan Bandar yang menginisiasi kegiatan tersebut mengatakan bahwa progam penanaman kacang Sacha icnhi tersebut dapat menjadi alternatif penghasilan bagi para petani 


" Alhamdulillah,Progam sosialisasi budidaya kacang Sacha inchi dari PT.AMIRA  ini dapat menjadi wawasan bagi petani serta mendorong para petani guna meningkatkan taraf penghasilannya ," kata Arif.


Arif pun menyampaikan bahwa dengan kegiatan yang di gagas PT. Amira ini  dengan mulai menanam  serta membudidayakan tanaman kacang Sacha inchi  dimana dengan kemitraan yang terjalin tersebut dapat menjadi pembuka pintu kesejahteraan para petani kedepannya dimana para petani khususnya desa Jeruk, Kecamatan Bandar selama ini belum bisa dikatakan sejahtera dalam arti sesungguhnya.


" Dengan sistim  akad Kemitraan antara pihak petani desa Jeruk dan PT AMIRA dapat membuka  pintu kesejahteraan bagi petani itu sendiri sehingga dapat terwujudnya pemberdayaan dua sisi bagi para petani itu sendiri, satu sisi berdaya secara duniawi satu sisi berdaya secara uhrowi,"ungkapnya


Lanjutnya dengan budidaya kacang Sacha Ichi ini ternyata sangat mudah untuk di Budidayakan ,petani juga sangat di untungkan bagaimana tidak  diuntungkan jika bibit tanaman dan pupuk pun petani tinggal menerima secara cuma- cuma dan hasil panennya pun dijamin penjualannya dengan akad kontrak yang sudah disepakati, selain itu ada rewad dari perusahaan untuk bisa melaksanakan ibadah umrah,garis besarnya Menanam kacang Sacha inchi untuk berangkat Umroh ke Tanah suci ,pungkas Arif Setyawan ( Zam)

Ket.Foto:  Joni Aristanto perwakilan PT AMIRA sedang mempresentasikan keunggulan budidaya kacang Sacha inchi di Desa Jeruk ,Bandar Pacitan ( foto istimewa)