Pesona Keindahan Pasir Putih Pantai Pidakan Pacitan - .

Breaking

Minggu, 27 Februari 2022

Pesona Keindahan Pasir Putih Pantai Pidakan Pacitan

pesona pasir putih pantai Pidakan pacitan

AENEWS9.COM |Pacitan,
–  “Puji syukur atas  nikmat dan karunia Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya sehingga dapat dinikmati keindahannya dan dapat menjadikan sumber kehidupan bagi seluruh makhuknya,” jawab Riska Fitriana Mahasiswa, mahasiswa semester 6 salah satu Perguruan Tinggi Swasta di  Pacitan, sambil menikmati pasir putih anugerah terindah di Pantai Pidakan.


Keindahan alam yang disajikan baik dalam bentuk wisata gunung, danau, air terjun, bahkan pantai menjadi vitamin tersendiri bagi kehidupan manusia. Tidak dapat dipungkiri, kini tempat wisata pun juga menjadi sumber mata pencaharian bagi sebagian masyarakat.

Membahas tentang keindahan alam memang tidak ada habisnya, salah satunya adalah keindahan alam yang berada di kota Pacitan. Kota yang dijuluki 1001 Goa ini kini dikenal di berbagai daerah karena tempat wisatanya. Bukan hanya Goa saja, melainkan keindahan pantainya yang mempesona juga menjadi daya pikat tersendiri bagi kalangan masyarakat yang berada di kota Pacitan maupun di luar kota.

Pantai Pidakan yang merupakan salah satu dari sekian banyak pantai yang berada di lepas Samudera Hindia. Tepatnya berada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa timur, Indonesia. Pantai ini  merupakan destinasi wisata yang sangat cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga, teman, maupun pacar, apalagi saat libur panjang ataupun hari libur biasa.

Pantai yang menawan dengan pasir dan bebatuan putih di sepanjang bibir pantai yang mempesona mata menjadi ciri khas tersendiri dari pantai pidakan. Tebing batuan dan mercusuar juga dihiasi pohon kelapa yang menjulang tinggi dapat menjadi scene foto yang memukau bagi para wisatawan.

Selain disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah para wisatawan akan disuguhi dengan spot-spot foto yang menarik serta area bermain anak-anak yang akan menambah suasana liburan lebih menyenangkan. Kita juga bisa meluangkan waktu berekreasi bersama keluarga dengan piknik di kawasan pantai atau sekedar nongkrong bersama teman untuk bersantai dan menikmati udara pantai.

Sayangnya di pantai ini para wisatawan tidak diperbolehkan berenang dikarenakan  pantai yang berada di pacitan memiliki ombak yang cukup besar, namun jika hanya sekedar berada dipinggir pantai untuk bermain-main saja tidak apa-apa asalkan bila anak kecil juga ikut bermain harus didampingi oleh orang dewasa yang berpengalaman dalam berenang.

Wisatawan yang berada dipantai ini juga harus menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak diperbolehkan untuk membawa bebatuan yang berada sepanjang bibir pantai.

Pantai Pidakan yang indah dan bersih dijaga oleh warga sekitar juga terdapat fasilitas seperti toilet yang terawat dan tempat sholat serta tempat parkir yang luas. Jika kita lapar maupun haus tidak usah jauh-jauh keluar untuk mencari makanan karena disana terdapat warung-warung makan yang harganya sangat terjangkau sekali serta pedagang keliling yang menyajikan aneka makanan lezat dan mainan untuk anak-anak.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau 5.000 rupiah saja kita sudah bisa menikmati udara segar yang ada di Pantai Pidakan. Terdapat dua jalur untuk menuju ke lokasi pantai ini, untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat dibedakan dikarenakan jalan menuju ke pantai ini tidak terlalu lebar, dengan akses menuju pantai ini yang lumayan susah, jalan yang terjal dan penuh kerikil.

Namun semuanya terbayarkan dan merasa puas ketika melihat pemandangan memukau yang disuguhkan. Sangat disayangkan sekali jika berada di kota Pacitan tidak mengunjungi wisata Pantai Pidakan di Pacitan yang mempunyai keindahan yang luar biasa. Sehingga senantiasa akan mengingatkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. (Riska Fitriana/ Mahasiswi STKIP PGRI Pacitan)