Menuju Kemandirian Pangan, Potensi Komoditi Kacang Sacha Ichi mulai Di budidayakan di desa Plumpung Magetan - .

Breaking

Jumat, 04 Februari 2022

Menuju Kemandirian Pangan, Potensi Komoditi Kacang Sacha Ichi mulai Di budidayakan di desa Plumpung Magetan


AENWS9.COM
|Magetan- Satu lagi komoditas pertanian mulai di perkenalkan dikalangan petani  khususnya di wilayah desa Plumpung , kecamatan Plaosan , Kabupatèn Magetan yaitu kacang Sacha inchi atau biasa disebut Mountain Nut atau kacang Ica.


Desa Plumpung menjadi tempat pertama sosialisasi budidaya kacang Sacha inchi dimana secara  keseluruhan warga masyarakatnya bertani sayur - mayur.


Bertempat di Balai desa Plumpung PT SAMIRA selaku pelaksana kegiatan melakukan sosialisasi budidaya tanaman Sacha inchi kepada petani di daerah tersebut,Jum'at (4/2).


Pada sosialisasi tersebut PT SAMIRA mengajak para petani di desa Plumpung untuk membudidayakan tanaman kacang Sacha inchi sebagai tanaman alternatif disamping tanaman sayur mayur yang menjadi mata pencarian pokok warga desa plumpung.


Perwakilan PT SAMIRA, Joni Arisanto menyampaikan ada nilai plus jika petani membudidaya kacang Ica sebutan lain sacha Ichi.Dimana komoditas kacang Sacha inchi itu mempunyai nilai ekonomis yang tinggi sehingga dapat mengangkat kesejahteraan petani itu sendiri sekaligus dapat menjadi progam ketahanan pangan bagi keluarga.



Bagaimana tidak menjanjikan?  keuntungan petani dalam membudidayakan Sacha inchi yang didapat jika bermitra dengan PT SAMIRA yang pertama, petani tidak perlu pusing lagi untuk membeli bibit dan pupuknya karena semua sudah disediakan secara gratis oleh perusahaan, belum lagi jaminan hasil panenannya langsung dibeli oleh perusahan dengan harga Rp.5000/ kilo kering sesuai dengan akad perjanjian diawal kemitraan.


Selain bibit dan pupuk serta jaminan hasil panenan dibeli perusahaan, petani juga dapat memanfaatkan produk turunan menjadi olahan seperti  daun Sacha inci bisa dijadikan pakan ternak  selain itu petani dapat mengkonsumsi biji kacang ica sebagai asupan gizi bagi keluarga, dimana kandungan biji kacang Ica terdapat Omega-3 ,Omega 6 yang biasa terdapat di hewani .Belum lagi mudahnya dalam hal perawatan.


Joni berharap para petani di desa Plumpung khusus nya dapat memanfaatkan peluang budidaya tanaman kerabat singkong ini sebagai potensi usaha yang menjanjikan.

" Saya berharap petani di desa Plumpung ini dapat melihat serta memanfaatkan potensi peluang ekonomis dibudidaya kacang sacaha Ichi ," ungkap Joni.



Pada kesempatan tersebut juga di sampaikan melalui kasi RLPM (Rehabilitasi Lahan Pengembangan Masyarakat)yang diwakili  petugas penyuluh lapangan (PPL) Dinas Kehutanan wilayah Madiun, Muhtadi tentang progam yagasu, dimana progam tersebut bisa berdampingan dengan progam kacang Sacha inchi.progam Yagasu adalah progam penanaman pohon dilahan kritis, dan lahan tidur sebagai kegiatan penghijauan untuk mengantisipasi mitigasi bencana  baik tanah longsor, cuaca, maupun kekeringan . kegiatan tersebut tidak bisa terlaksana berjalan seiring jika masyakatnya  sendiri kurang peduli terhadap kelestarian ekosistem alam sekitarnya.

" Progam Yagasu dapat berdampingan dengan progam dari PT SAMIRA yang semua tujuannya demi kemaslahatan dan kesejahteraan petani di desa Plumpung menuju kemandirian pangan," ujar Muhtadi.


Muhtadi juga menyampaikan bahwa progam tersebut tidak akan saling bersinergi berkelanjutan jika

petani nya sendiri kurang peduli terhadap kelestarian ekosistem alam sekitarnya.Maka dibutuhkan kesadaran penuh dari petani untuk mensinergikan kegiatan tersebut dimana nantinya petani sendirilah yang merasakan kemanfaatan dan keberkahan progam tersebut .


Ditempat yang sama kepala desa Plumpung,Jaelani Wahyudiarto mengaku sangat senang dan  mendukung dengan adanya progam dari PT SAMIRA serta Dinas Kehutanan wilayah Madiun,  diharapkan dapat mengangkat kesejahteraan petani sekaligus menjadi progam ketahanan pangan keluarga petani khususnya desa Plumpung.(Noeng/Adv)



.