Mengenal Sancha Inchi Tanaman Segudang Manfaat Untuk Kesehatan - .

Breaking

Senin, 14 Februari 2022

Mengenal Sancha Inchi Tanaman Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

Tanaman kacang Sacha inchi

AENEWS9.COM
|- Satu lagi komoditas pertanian mulai dibudidayakan  yaitu kacang sacha ichi atau biasa disebut kacang Inca atau kacang gunung ( mountain nut).

Wajar jika para petani masih kurang familiar dengan tanaman jenis biji- bijian tersebut.Tanaman  yang berasal dari hutan Amazon Peru ini belum sepopuler tanaman komoditi seperti padi, jagung,kedelai, kacang,palawija dll.


Padahal, di negara - negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand sudah lama di Budidayakan .Tanaman  merambat yang mempunyai nama latin Plukenetia volubilus menjadi andalan petani di kedua negera tersebut karena mempunyai nilai jual yang fantastis dengan mengekstrak minyak dari biji sebagai bahan beragam makanan.


Beberapa tahun belakangan ini, tanaman merambat ini mulai di Budidayakan .Tanaman Sacha Inchi ini jika sudah tumbuh bila di perhatikan daunnya berbentuk jantung dan berwarna hijau. Tanaman akan berbunga pada usia 3-5 bulan.Bunganya akan berbuah menjadi buah dan siap panen pada umur 3bulan sejak bunga mekar.Warna buahnya hijau dan berubah hitam kecoklatan saat kering.Bentuk buah saca mirip bintang bersudut empat hingga tujuh.Dan panen buah perdana pada 7-8 bulan setelah tanam.Dan perawatannya pun sangat mudah.


Buah kacang Sacha inchi yang berbentuk bintang dan buah yang sudah dikupas kulitnya

Untuk penanamanya tanaman ini membutuhkan tiang panjat dan kawat untuk rambatan sulur.Karena sifat tanaman  tumbuhnya merambat dan menjuntai maka petani harus rajin melilitkan sulur ke kawat rambatan.
Sulur yang merambat horisontal di kawat akan tumbuh secara maksimal.


Jika sudah tua tanaman ini akan semakin banyak sulur yang merambat horisontal di kawat akan mengeluarkan bunga di setiap ketiak daunnya.Tanaman ini akan menghasilkan buah berbentuk bintang dengan 4- 7 persegi pada umur 7-8 bulan setelah tanam dengan hasil mencapai 0,5-0,7 Kg pertanaman.

Tanaman kacang Sacha inchi juga memerlukan pupuk sebagai asupan nutrisi.Pupuk yang cocok adalah pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah terfermentasi  dengan cara di benamkan pada 50 cm dari titik tanam.

Tanaman Sacha tidak kebal hama.Ada hama penusuk yang menyebabkan sulur kering kecoklatan,dan hama penghisap.

Potensi menguntungkan dari budidaya kacang Sacha inchi ini dapat di peroleh dari Inca merupakan jenis tanaman yang diproduksi bijinya untuk aneka produk. Bijinya pun bisa dijadikan camilan setelah digoreng atau disangrai  atau bisa juga diambil minyaknya.Selain kaya omega-3, Omega -6 kacang Sacha inchi juga kaya akan asam lemak, protein,vitamin E, Beta- sitosterol.

Tak hanya itu, di dalamnya juga terdapat antioksidan dan zat fenolik yang dapat mengurangi peradangan serta melindungi dari penyakit kronis seperti : Kolesterol,meningkatkan kekebalan imun tubuh, merilekskan otak,mencerdaskan otak,mencegah diabetes,menyehatkan tulang.

Untuk minyak Sacha inchi di pasaran dijual 1 liter mencapai 1 juta rupiah.Sedangkan untuk turunan produk dapat di buat teh untuk daunnya, cangkang bijinya dapat dibuat kopi dan tentu saja bijinya bisa di goreng dijual kemasan dengan harga 20 ribu per 250 gr.(hlmy)