Kolong Klithik Camilan Gurih dan Enak Khas dari Pacitan - .

Breaking

Minggu, 27 Februari 2022

Kolong Klithik Camilan Gurih dan Enak Khas dari Pacitan

kolong klithik

AENEWS9 COM| Pacitan
 – Pacitan merupakan salah satu kota yang multipotensi, karena selain mempunyai destinasi wisata yang beragam baik itu Goa maupun Pantai juga mempunyai potensi alam yang tidak bisa diabaikan. Hasil olahan yang bahan bakunya diambil dari budidaya pertanian dan perkebunan di Pacitan juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan industri kecil untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat Pacitan yang saat ini terpengaruh dengan pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah Kolong Klithik, bisa dikembangkan dengan ditangani dengan profesional dalam hal proses pengolahan, pengepakan dan pemasaran harus mendapatkan pembinaan dari dinas terkait.  hal ini bisa untuk mengungkit ekonomi masyarakat Pacitan.

Kolong klithik adalah camilan khas kota Pacitan yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Kini kolong klithik sudah cukup dikenal dan digemari kalangan masyarakat kota pacitan maupun luar kota.

Ciri khas dari camilan ini adalah rasanya yang renyah dan jenisnya camilan, sehingga jika makan satu buah saja dijamin akan merasa ketagihan. Kolong Klithik biasanya dibuat dari singkong atau ketela pohon jenis pandesi ataupun jinten. Camilan jenis ini juga tergolong ke dalam camilan yang sehat, karena bahan bakunya hanya singkong dan ditambah bumbu garam dan bawang putih saja.

Dalam proses pembuatan Kolong klithik ada beberapa tahapan. Pertama singkong dikupas dan dicuci sampai bersih, kemudian singkong hasil kupasan dislep atau diparut sampai halus, singkong hasil parutan kemudian disatukan dan dibungkus sak plastik. Setelah dibungkus sak plastik, kemudian pres di tempat pengepresan.

Singkong yang telahs elesai dipres, kemudian ditiriskan dan dikeringkan dipanggang di atas pawonan, sampai hasil deblengan atau pengepresan benar-benar kering, kemudian deblengan hasil pengepresan dihancurkan kembali dengan mesin parut.

Hasil parutan diolah dijadikan bubur atau yang disebut matengan. Matengan didinginkan dan di campur tepung supaya kalis, dinamakan gedonan. Gedonan kemudian dibagi menjadi bagian  kecil yang dipelintir menjadi memanjang disebut dengan holog-holog. Holog-holog dibagi lebih kecil lagi kemudian di potong-potong sekitar 10 cm.  Selanjutnya disambung menjadi  bahan Kolong Klithik yang sudah siap digoreng.

Kolong klithik ini selain bisa dijadikan camilan santai juga bisa dijadikan teman makan. Nah  dari proses pembuatanya yang begitu panjang inilah Kolong Klithik camilan khas kota Pacitan. Ketika Hari Raya Korban dan  Idul fitri camilan ini laris manis diburu pembeli, sebagai oleh-oleh bagi pemudik yang pulang kampung ke Pacitan.

Kolong Klithik dapat dibeli atau ditemukan di seluruh pasar tradisional yang berada di Pacitan dan tempat oleh-oleh khas Pacitan. (Riska Fitriana/Mahasiswi STKIP PGRI Pacitan)