Tourism Information Center (TIC) Dinas Pariwisata Pemkab Madiun. Kemas Paket Wisata Lahan Edukasi Porang - .

Breaking

Rabu, 19 Januari 2022

Tourism Information Center (TIC) Dinas Pariwisata Pemkab Madiun. Kemas Paket Wisata Lahan Edukasi Porang


AENEWS9.COM
| Kabupatèn Madiun- Sebagai Daerah Sentral Porang di indonesia, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami tunjukan lahan edukasi porang di halaman Gor Pangeran Timoer, rabu (19/1). Lahan edukasi porang ini merupakan paket wisata yang dikemas dalam Tourism Information Center (TIC) Dinas Pariwisata Pemkab Madiun. 


"Lahan ini sebagai miniatur lahan porang di Kabupaten Madiun, situasinya kita buat merip-mirip di hutan. Dapat kita lihat tanaman porang yang dekat dengan tegakan (pohon) tumbuh subur berbeda dengan lahan yang tidak ada tegakaannya, hal ini menjadi pelajaran, bahwa menanam porang yang baik di bawah tegakan", ungkap Bupati sambil menunjukan lahan miniatur mirip hutan di halaman Gor Pangeran Timoer


Dalam hal ini Bupati juga menyampaikan, bahwa artinya pohonnya juga harus dilestarikan selain porangnya tumbuh dengan baik dan subur itu juga berdampak pada meminimalisir terjadinya bencana alam. Selain itu ditempat ini juga disiapkan ruang konsultasi tentang menanam porang dengan benar mulai dari bibitnya dan lainya, mengingat jumlah Kabupaten luar daerah yang belajar cara menanam porang dan mencari bibit di Kabupaten Madiun, karena memiliki atau sudah tersertifikasi kualitas bagus di Indonesia.


Pada kesempatan, kaji mbing sapaan Bupati Madiun dan ketua TP PKK Kabupaten Madiun Penta Liana Ahmad dalam perjalanan menuju ke desa sumberbendo kecamatan sadaran berhenti di sebuah hutan yang terdapat pohon-pohon besar ditanami porang. 


"Seperti inilah contoh tanaman porang yang tumbuh subur dibawah tegakan di bawah pohon besar, hal ini selain kita mendapatkan porang yang baik kita juga ikut melesatarikan hutan", ungkapnya.