Pengunjung Destinasi Wisata Goa Tabuhan Liburan Tahun Baru 2022 Mengalami Penurunan - .

Breaking

Selasa, 04 Januari 2022

Pengunjung Destinasi Wisata Goa Tabuhan Liburan Tahun Baru 2022 Mengalami Penurunan


AENEWS9.COM
|| Pacitan,-  Kabupaten Pacitan dikenal dengan ikon “kota 1001 gua” karena terdapat banyak gua karst yang tersebar. Salah satu yang terkenal dan banyak dikunjungi selain Goa Gong adalah Goa Tabuhan.  Goa Tabuhan merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pacitan. Letaknya berada di Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kab.Pacitan, Provinsi Jatim, Indonesia.

Goa Tabuhan ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh gua-gua pada umumnya. Sebelum  dijadikan tempat wisata Goa Tabuhan ini  pernah dijadikan tempat untuk  bertapa. Terdapat stalagtit yang ketika dipukul atau ditabuh menghasilkan bunyi gamelan. Karena sering digunakan warga setempat untuk kegiatan kesenian, dengan cara memukul stalagtit di dalam goa hingga menggeluarkan suara seperti gamelan.  Hal tersebut yang menjadikan Gua ini lebih dikenal dengan nama Gua Tabuhan.

Jika kita melihat sejarahnya Gua Tabuhan mulai ramai dikunjungi  orang sejak 1998.  Hingga saat ini masih banyak orang yang berkunjung ke Goa Tabuhan dan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Pacitan.

Selain berwisata kita juga belajar sejarah ketika berkunjung di Goa Tabuhan karena akan di pandu oleh juru kunci Goa Tabuhan. Terlebih Gua ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Pacitan dengan akses jalan yang baik dan mudah dijangkau.

Salah satu pengunjung Ibu Vivi mengatakan, ” salah satu destinasi wisata di Pacitan dan sudah menjadi pilihan untuk acara  libur tahun baru 2022 bersama keluarga.  Disebabkan lokasi  paling dekat dari Jogja yaitu  Pacitan.  Sedangkan destinasi Gua Tabuhan menjadi lokasi  terakhir  yang dikunjungi pada liburan kali ini.”
Jurnalis melihat  kunjungan di  Gua Tabuhan pada saat libur akhir tahun mengalami penurunan jumlah pengunjung.

Hal tersebut diperkuat oleh Mas Anang penjaga loket mengatakan, ” kalau pada hari libur biasa Sabtu-Minggu itu sekitar 150 orang. Tapi kalau libur tahun baru ini ada namun  sepi dan menurun. Pengunjung lebih ramai pada 2 mingguan sebelum libur natal dan sekarang sudah sepi, Senin (3/1/2022).

Semoga untuk tahun ke depan Covid-19 segera berakhir dan adanya promosi untuk membangkitkan kembali kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Pacitan terutama di Gua Tabuhan.  Semoga Allah SWT memberikan yang terbaik sehingga kunjungan wisatawan meningkat  di Gua Tabuhan.  Amiin YRA. ( Agus Dwi Prayitno,  Efaamiliya Dama Yanti,  Melyana Puspitasari)