Masyarakat Desa Sirnoboyo Pacitan Adakan Tasyakuran Selesainya Pembangunan Jembatan Mendole - .

Breaking

Sabtu, 01 Januari 2022

Masyarakat Desa Sirnoboyo Pacitan Adakan Tasyakuran Selesainya Pembangunan Jembatan Mendole


AENEWS9 .COM
|| Pacitan,- Menjelang akhir tahun 2021, warga masyarakat Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan tasyakuran telah selesainya pembangunan Jembatan, yang dilaksanakan di atas jembatan yang baru saja diresmikan oleh Bupati Pacitan 3 hari lalu.  Kegiatan yang diprakarsai oleh Pemerintah Desa Sirnoboyo bekerjasama dengan 2 Dusun yakni Dusun Krajan dan Dusun Mendole, pada hari Jum’at malam (31/12/2021).

Eko Haryono sebagai kepala Desa Sirnoboyo Pacitan, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Sirnoboyo, Perangkat Desa Sirnoboyo, BPD Desa Sirnoboyo, tokoh masyarakat, serta mantan Kades Kyai.H.Imam Turmudzi serta mas Arifin,  Pemkab.Pacitan, serta Kontraktor sehingga Pembangunan Jembatan Mendole-Krajan bisa diselesaikan tepat waktu.

Eko Haryono menguraikan sejarah  warga Desa Sirnoboyo, untuk komunikasi antar wilayah yang dipisahkan oleh Sungai Kebonagung-Sirnoboyo, membuat  jembatan yang terbuat dari bambu.  Terdapat 4 jembatan dari bambu tahun 1970-1990 yang pengerjaannya melibatkan warga masyarakat secara bergotong royong.  Selain itu setelah selesai maupun awal akan dilaksanakan doa bersama agar bisa terselesaikan dengan baik.

Jembatan bambu pertama yang menghubungkan jalan menuju lpangan Desa Sirnoboyo, kini telah diabangun jembatan permanen.  Kemudian jembatan yang kedua di sebelah Baratnya rumah Kades yang lama kini sudah tidak difungsikan lagi.  Kemusian jembatan ketiga di wilayah rumahnya Pak Darsanak mantan Wakapolres Pacitan, Alhamdulillah telah dibangun Jembatan Sirnoboyo yang megah untuk menghubungkan Jalan Lintas Selatan.

“Sedangkan jembatan yang bambu atau sering disebut kreteg bambu yang sekarang ini kita gunakan sebagai tempat Tasyakuran telah selesai dibangun.  Walaupun jembatan ini sudah agak permanen namun saat bencana Banjir yang melanda Sirnoboyo tahun 2019 putus,” jawab Eko Haryono.

“Berkat perjuangan Eko Haryono, dibantu oleh mantan Kades Sirnoboyo Mas Arifin, dengan Bantuan Kepala Dinas PU saat itu berhasil melobi Pemprov jatim.  Emil Dardak sebagai Wakil Gubernur Jatim melakukan survei jembatan yang rusak di Desa Sirnoboyo yang saat itu didampingi oleh Bupati Pacitan, kepala PU, Camat Pacitan, kepala Desa Pacitan sertaMas Arifin,” jelas Eko Haryono.

Tasyakuran yang dipimpin oleh Kyai.H. Imam Turmudzi tokoh masyarakat Pacitan  merupakan refleksi pembangunan yang telah kita lakukan selama tahun 2021 dan memanjatkan doa kepada Allah SWT agar jalannya pembangunan di Desa Sirnoboyo tahun 2022 akan berjalan dengan lancar,”jelas Mbah Imam Turmudzi yang juga mantan Kades Sirnoboyo.

Acara kemudian di akhiri dengan kembul makan Ingkung Ayam, yang telah dipersiapkan terutama swadaya masyarakat Dusun Krajan dan Dusun Mendole Desa Sirnoboyo. Selain itu juga Pemerintah Desa Sirnoboyo yang memfasilitasi kegiatan tersebut.

Semoga tahun 2022 masyarakat Desa Sirnoboyo lebih sejahtera dan dijauhkan dari bencana. Semoga Masyarakat Desa Sirnoboyo tahun 2022  lebih sejahtera, diberikan kelancaran rejeki,  mendapatkan kesehatan, keberkahan.  Amiin YRA. (AHY )