Bangun TPT, Pemdes Bibrik Wujudkan Pemerataan Pembangunan Desa Maksimalkan Bantuan BKK - .

Breaking

Jumat, 28 Januari 2022

Bangun TPT, Pemdes Bibrik Wujudkan Pemerataan Pembangunan Desa Maksimalkan Bantuan BKK


AENEWS9 COM
- Kabupaten Madiun-Guna untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa demi kemajuan desa sarana dan prasarana penunjang mesti dibangun. Seperti halnya di Desa Bibrik, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun yang giat memaksimalkan pemerataan pembangunan disejumlah titik yang ada diwilayahnya. 


Melalui alokasi Bantuan Keuangan Khusus( BKK) Tahun 2021 dari pemerintah daerah ,Pemdes Bibrik memanfaatkannya dengan

membangun Talud Penahan Tanah (TPT) yang berada di lingkungan RT 07 dengan anggaran Rp.100 juta.


Ketua Tim Pelaksana Kegiatan, Khusnaini kepada media ini mengatakan bahwa rencana pembangunan TPT dilingkungan RT 07 tersebut sudah dimusyawarahkan melalui musdus dimana melalui Bantuan Keuangan Khusus ( BKK) tahun 2021 dapat terealisasikan.


"Pembangunan TPT di RT 07 itu menggunakan  dana BKK tahun 2021 sebesar Rp.100 juta dengan volume 90 meter," kata Khusnaini.



Khusaini menambahkan dengan dibangun TPT juga berfungsi  sebagai penahan tanah dari ancaman longsor, TPT tersebut juga memiliki fungsi sebagai penunjang jalan lingkungan yang berada diatasnya agar tidak amblas sewaktu-waktu. Terlebih lagi jalan lingkungan tersebut memiliki fungsi yang sangat vital bagi warga sekitar dalam menjalani aktivitas sehari-hari.


Di tempat sama Kepala Desa Bribik,Hengky Rahmadi mengungkapkan  dengan selesainya pembangunan TPT yang menggunakan anggaran BKK tahun 2021,dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Ia menambahkan pada pembangunan TPT tersebut dengan skema Padat Karya Tunai 

(PKT/cash for work)  yang bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran serta mempertahankan daya beli masyarakat sebagai bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat Pandemi COVID-19 disamping itu juga mempertahankan budaya gotong royong yang sudah mulai luntur saat ini.


“ kami berharap masyarakat desa Bibrik khususnya tetap semangat bersatu bersama bergotong royong untuk membangun desa yang lebih baik,” ujar Kades Bibrik.( Bun)