Atasi Kebutuhan Air Untuk Pertanian, Pemdes Kepet Bangun Sumur Sibel - .

Breaking

Jumat, 21 Januari 2022

Atasi Kebutuhan Air Untuk Pertanian, Pemdes Kepet Bangun Sumur Sibel


AENEWS9.COM
|Kabupatèn Madiun - Untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau dan untuk meningkatkan kebutuhan pangan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa Kepet, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun melaksanakan proyek pembangunan sumur Submersible, dengan menggunakan Dana Desa Tahun Anggaran 2021.

Pembangunan sumur  ini terletak di area persawahan dusun Purwojati, dan di perkirakan dapat mengairi area pertanian seluas 10-15 hektar.

Dibangun sumur Submersible dalam ini bertujuan untuk mengatasi masalah kekurangan air untuk mengairi padi di musim kemarau karena di Dusun Purwojati walaupun daerah aliran sungai tetapi kesulitan air di musim kemarau , sehingga banyak petani yang mengeluh karena gagal panen atau hasil kurang maksimal.

Kepala Désa Kepet, Puji Santosa mengungapkan bahwa kegiatan Dana Desa Tahun 2021 ini, di alokasikan untuk infrastruktur desa, salah satunya pembangunan sumur Submersible. Semoga bermanfaat bagi masyarakat dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di dusun Purwojati.

" Pemdes Kepet mengalokasikan Dana Désa untuk infrastruktur salah satunya pembangunan sumur Submersible yang berada di dusun Purwojati dengan alokasi anggaran Rp. 174.861.000," ungkap Puji Santosa.

Puji Santosa menambahkan Segala pengurusan dan mekanisme dalam pemanfaatan air sepenuhnya saya serahkan kepada pengurus dan anggota Poktan .

Yateno salah satu petani di dusun Purwojati mengaku senang ketika musim kemarau dirinya bersama petani lainnya terbantu dengan adanya sumur sibel. Sebab, lahan sawahnya bisa terairi saat musim kekeringan, sehingga 1 tahun bisa panen padi 3 kali. “Alhamdulillah, musim kemarau wis tandur kabeh, tapi bayare iuran ojo larang nggih ” kata yateno dengan tertawa. 


Reporter: Bunyamin