- .

Breaking

Sabtu, 18 Desember 2021


AENEWS9.COM
|| Madiun-Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto melakukan kunjungan kerja ke Desa Ngale, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Adapun kegiatan wakil bupati di desa tersebut adalah peninjauan program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2021 berupa saluran irigasi dan bangunan gudang tembakau.


Pertama, Wabup Madiun melakukan peninjauan saluran irigasi di Kelompok Kelompok Tani Margo Rukun Desa Ngale yang memiliki panjang 269 meter dan lebar 50 centimeter. Wabup beserta rombongan melakukan peninjauan lokasi yang berada di tengah-tengah sawah.


Kedua, dirinya meninjau bangunan gedung tembakau Kelompok Tani Margo Rukun Desa Ngale. Selain meninjau gedung tembakau, Wabup Madiun juga berkenan memberikan bantuan berupa 6 unit mesin perajang tembakau, 115 buah pisau mesin perajang tembakau, 150 buah terpal, 1.200 widik (alat penjemur tembakau, kendaraan roda tiga , serta 7 unit cultivator .


" Semoga dengan adanya bantuan ini mampu memaksimalkan para petani tembakau dan mengembalikan lagi Kabupaten Madiun sebagai penghasil tembakau sehingga mampu menjadi komoditas nasional seperti porang ," ujar Wabup Madiun. Jumat (17/12).


Ada 10 desa penerima dana DBHCHT tahun 2021 tersebut yang tersebar di 4 kecamatan se Kabupaten Madiun. Yakni di Kecamatan Pilangkenceng, Balerejo, Kare, dan Mejayan.


Wabup juga berharap dengan adanya bantuan yang ada mampu dirawat dan dijaga dengan baik. Ia juga berpesan agar inovasi dari para petani tembakau terus ditingkatkan sehingga mampu terwujud kesejahteraan masyarakat Kabupaten Madiun


" Di sawah pertaniannya baik, di rumah kolamnya juga baik, serta tembakaunya juga mampu menghasilkan yang terbaik," jelasnya.


Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Madiun didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Madiun serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Madiun.