Rochana Kudus, Jurnalis Wanita Pertama Indonésia Yang Di Tampil Di Dodle Google - .

Breaking

Selasa, 09 November 2021

Rochana Kudus, Jurnalis Wanita Pertama Indonésia Yang Di Tampil Di Dodle Google


AENEWS9.COM
|| Google Doodle merupakan logo atau tampilan khusus dan sementara yang diberikan Google pada beranda halaman pencarian untuk merayakan hari libur, hari besar, atau mengenang serta mengapresiasi sebuah pencapaian prestasi tokoh terkemuka di dunia.

Mungkin kita sedikit bertanya-tanya ketika kita membuka halaman Google pada hari Senin (8/11/2021)  kita akan melihat gambar ilustrasi sosok perempuan memakai kain diatas kepala.
Pada Dodle gambar perempuan ini adalah tokoh wanita dari Indonesia bernama Roehana Koeddoes.

Siapakah Roehana Koeddoes tersebut? Ia wanita dari Indonesia, yang dikenal sebagai jurnalis muslimah pertama dari Minangkabau Provinsi Sumatera Barat dengan nama asli Siti Roehana.

Roehana Koeddoes lahir di kota Koto Gadang, Kecamatan Ampekkoto, Sumatera Barat, 20 Desember 1884 dan wafat pada 17 Agustus 1972 di usia 87 tahun.

Sebagai wartawati, Ruhana Kuddus merupakan orang pertama yang melahirkan surat kabar perempuan.


Surat kabar Soenting Melajoe yang didirikan Ruhana pertama kali terbit pada 10 Juli 1912.


Selama berkarir di jurnalisme, Roehana Koeddoes selalu kritis dalam menulis. Dalam beberapa tulisan artikelnya Ia juga mendorong perempuan untuk membela kesetaraan dan melawan kolonialisme.

Roehana Koeddoes dijadikan sebagai pahlawan nasional pada tahun 2019. Roehana Koeddoes dinobatkan pemerintah Indonesia sebagai pahlawan nasional tepatnya pada 7 November 2019 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan ditampilkannya Roehana Koeddoes di Google Doodle ini, tentu secara langsung dapat menginspirasi kaum perempuan di Indonesia sekaligus pengakuan dunia bahwa Indonesia memiliki tokoh-tokoh hebat yang berpengaruh di dunia khususnya dibidang jurnalisme. (*)

*Di sunting dari berbagai sumber