Belajar Budidaya Poran,Wagub Sumbar Kunker Ke Madiun - .

Breaking

Senin, 01 November 2021

Belajar Budidaya Poran,Wagub Sumbar Kunker Ke Madiun


AENEWS9.COM
|| Madiun- Sudah bukan rahasia lagi kalau Kabupaten Madiun memiliki komoditas Porang yang melimpah. Selain Presiden RI Jokowi, beberapa kepala daerah juga melakukan kunjungan kerja ke Kab. Madiun untuk melihat dari dekat budidaya Porang. Sebagaimana pada Senin (1/10) giliran Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy juga melakukan kunker ke Kab. Madiun untuk ‘belajar’ cara membudayakan Porang. 


Wagub Sumbar yang didampingi beberapa pimpinan OPD, diterima oleh Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto mengingat Bupati ada agenda kerja lainnya. Dalam sambutannya, Wabup memperkenalkan para pimpinan OPD, profile Kab. Madiun termasuk luas lahan Porang di Madiun saat ini mencapai 6500 ha, dan sudah ada pabrik pengolah Porang sehingga petani tidak bingung lagi untuk pemasarannya.



Secara geografis, Wabup menjelaskan kalau sebagian besar lahan di Kab. Madiun ditanami padi. Dulu banyak tani tebu namun belakangan petani kurang antusias nanam tebu karena panennya terlalu lama. Makanya, Kab. Madiun merupakan salah satu lumbung padi nasional karena petani padi bisa panen 3 kali dalam satu tahun. “Mudah-mudahan kunker di Kab. Madiun membawa manfaat bagi masyarakat di Sumatra Barat,” harapan Wabup Madiun seraya mengaku juga pernah berjunjung ke Sumatra Barat dan sempat berkunjung ke wisata malin kundang.


Kemarin saat Presiden kunker ke Madiun, kata Wabup, Presiden menekankan pengolahan porang menjadi beras porang karena nilai ekonominya luar biasa, yakni beras Porang harganya mencapai Rp. 180 ribu per kilo. “Porang inilah yang mengangkat Kab. Madiun karena akhir-akhir ini banyak kepala daerah datang ke Madiun untuk sama-sama belajar untuk pengembangan Porang,” akunya. 


Sementara itu, Wagub Sumatra Barat (Sumbar) yang didampingi beberapa pimpinan OPD juga menjelaskan profile dan komoditas unggulan di Provinsinya. Dan yang terjadi, banyak masyarakat yang ingin mengembangkan Porang karena nilai ekonomisnya sangat tinggi. “Untuk itu kita perlu belajar dari daerah yang sudah maju pertanian Porangnya, ternyata komoditas Porang di Madiun cukup besar. Makanya hari ini kita kunker ke sini (Kab. Madiun),” ujar Wagub Sumbar. 


Dalam kesempatan ini, Wagub Sumbar dan rombongan didampingi Wabup Madiun juga mengunjungi Pabrik Porang Konjak yang mengolah porang secara modern dengan menggunakan teknologi tinggi.