Wujud Bendungan Bendo Ponorogo Yang Diresmikan Presiden Jokowi - Berita Terbaru

Breaking

Selasa, 07 September 2021

Wujud Bendungan Bendo Ponorogo Yang Diresmikan Presiden Jokowi

                      Bendungan Bendo yang baru diresmikan presiden Jokowi dari udara (foto WIKA Tbk)
AENEWS9.COM|| Ponorogo- Bendungan Bendo terletak di Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Pembangunan mega proyek ini dikerjakan oleh PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) dalam KSO bersama Hutama Karya dan Nindya Karya, dengan kapasitas total tampungan air sebesar 43,11 juta m3 dengan tinggi bendungan 71 meter.

WIKA adalah salah satu perusahaan BUMN konstruksi di Indonesia dari hasil nasionalisasi perusahaan Belanda NV, yang selalu mengutamakan kualitas. Tim proyek juga fokus pada aspek 5R (Rapih, Resik, Ringkas, Rawat, Rajin) yang tercermin dari lingkungan sekitar proyek termasuk bangunan kantor dan tempat ibadah (mesjid) yang selalu tampil elok.⁣

Dengan dibangunnya Bendungan Bendo di bumi reog ini, nantinya akan memberikan manfaat untuk pemenuhan kebutuhan air untuk irigasi seluas 7800 Hektar, penyediaan air baku sebesar 370 liter/detik, dan dapat mereduksi banjir sebesar 130m³/detik. Sehingga akan meningkatkan produktivitas panen petani di Ponorogo.

Selain itu, alam disekitar Bendungan Bendo juga sangat menarik karena mempunyai pemandangan alam yang aduhai. Dengan begitu, selain bermanfaat untuk pengairan nantinya juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata dan konservasi sumber daya air. Terbukti, setiap hari libur sejak di bangunnya bendungan ini sudah banyak masyarakat yang mendatangi lokasi.

Bahkan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko (Kang Giri) pernah mengatakan, dengan adanya Bendungan Bendo ini produksi padi di Ponorogo yang saat ini surplus 214.000 ton per tahun akan meningkat lebih banyak lagi karena ketersediaan air yang disuplai dari Bendungan Bendo akan meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil panen.

Rampung dibangun tepat target Bendungan Bendo Ponorogo yang menelan dana Rp 1,07 triliun itu pada hari Selasa, 7 Agustus 2021, akan diresmikan langsung oleh orang nomor satu di Indonesia, Presiden RI Joko Widodo (*)

*repost dari Gemawilis.com