Cerita Dibalik Suksesnya TMMD Ke 111 Di Desa Gonggang - Berita Terbaru

Breaking

Sabtu, 17 Juli 2021

Cerita Dibalik Suksesnya TMMD Ke 111 Di Desa Gonggang


AENEWS9.COM|| Magetan. Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 Kodim 0804/Magetan yang digelar di Dusun Templek, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan sudah berakhir dan resmi ditutup oleh Danrem 081/Dsj Kolonel Inf Waris Ari Nugroho, SE. M,Si. hari Rabu (14/07/2021) lalu. Acara penutupan digelar di Pendopo Surya Graha Magetan dilanjutkan peninjauan hasil progress TMMD di Desa Gonggang.


Satu bulan lamanya program TMMD ke 111 ini berlangsung mulai tanggal 15 Juni hingga 14 Juli 2021, ternyata banyak cerita dibalik suksesnya program TMMD ke 111 ini.


Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo, S.I.P, Dia adalah Komandan Satgas TMMD ke 111 di Magetan yang juga menjabat sebagai Komandan Kodim 0804/Magetan. Banyak sekali kendala yang dihadapi saat memimpin program TMMD ke 111 di wilayahnya. Jum’at (16/07/2021)


Kendala yang dihadapi adalah hujan dan cuaca yang tidak menentu serta medan berat yang sudah menanti, “karena pekerjaan TMMD hampir seluruhnya diluar maka secara tidak langsung kendala yang paling berat dihadapi adalah hujan” kata Letkol Ismulyono.


Sebab kalau bekerja mengecor jalan, membangun talut, membangun poskamling dan memasang batu bronjong jika turun hujan tiba kami akan berhenti dalam mengerjakanya, belum lagi droping material yang sulit karena medan berat dan jalan yang licin, “terangnya”.


Lanjut Letkol Ismulyono, karena musim hujan yang tak bisa diprediksi, akhirnya  kami harus mensiasatinya, disaat cuaca cerah droping material dan pengerjaan sasaran fisik akan kami kebut dengan memaksimalkan personil satgas dan warga. “Strategi tersebut kami lakukan karena harus mengejar target selesai sesuai jadwal yang sudah ditentukan”, ucapnya.


Meskipun demikian Letkol Ismulyono merasa sangat senang, sebab waktu satu bulan dengan kendala hujan mampu menyelesaikan program TMMD ke 111 sesuai  dengan target waktu yang telah ditentukan.


Keberhasilan program TMMD ke 111 Kodim 0804/Magetan tak lepas dari kerjasama TNI (Kodim 0804/Magetan) bersama pemerintah daerah melalui Dinas PUPR dan pihak pihak terkait yang tergabung dalam program TMMD serta kemanunggalan TNI bersama warga di lokasi TMMD Dusun Templek.


Program TMMD ke 111 Kodim 0804/Magetan ini banyak mengerjakan sasaran fisik disamping sasaran nonfisik. Sasaran fisik diantaranya, Pengecoran jalan yang menghubungkan Dusun Templek dengan Dusun Biting sepanjang 1.550 meter, pembangunan talud sepanjang 500 meter, pemasangan batu bronjong sepanjang 50 meter dengan tinggi 3 meter, pembangunan  2 unit poskamling dan perbaikan 2 unit mushola.


Sedangkan sasaran nonfisik seperti memberi wawasan kebangsaan, penyuluhan peternakan, penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan pelayanan kesehatan, KB dan stunting, penyuluhan posyandu dan posbindu, penyuluhan administrasi kependudukan, penyuluhan narkoba  dan penyuluhan lainnya yang dilakukan oleh satgas TMMD.


Program TMMD ke 111 Kodim 0804/Magetan ini kurang lebih melibatkan 150 personil gabungan yang meliputi TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri, belum termasuk instansi pemerintah, ormas dan masyarakat, “kata Letkol Ismulyono”.


Letkol Ismulyono Juga menjelaskan bahwa TMMD adalah salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan melibatkan  Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah.


Ini dilakukan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah pedesaan, yang jelas daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, daerah perbatasan serta daerah lain yang terdampak bencana, semua ini dilakukan dalam rangka mewujudkan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, “pungkasnya”. (Pendim0804)


#tniad

#kodamvbrawijaya

#korem081dsj