Ternyata Tanaman Gembili Memiliki Segudang Manfaat - Berita Terbaru

Breaking

Selasa, 08 Juni 2021

Ternyata Tanaman Gembili Memiliki Segudang Manfaat

                      Tanaman Gembili ( foto Wikipedia)

AENEWS9.COM|| SerbaSerbi- Gambili ( Dioscore esculenta termasuk kedalam  suku gadung-gadungan atau Dioscoreaceae ) merupakan tanaman umbi-umbian yang sekarang sudah sulit dijumpai di pasar. Penanamannya masih cukup luas di pedesaan walaupun juga semakin terancam kelestariannya. 

Gembili menghasilkan umbi yang dapat dimakan. Umbi biasanya direbus dan bertekstur kenyal. Umbi gembili serupa dengan umbi gembolo, tetapi berukuran lebih kecil.

Tumbuhan gembili merambat dan rambatannya berputar ke arah kanan (searah jarum jam jika dilihat dari atas). Batangnya agak berduri.

Gembili dianggap sebagai tumbuhan berpotensi besar pada masa depan. Berbagai penelitian untuk melestarikan keragaman hayati dan pengolahan umbinya (dibuat menjadi etanol atau minuman beralkohol) telah dilakukan.

Nama "gembili" juga dipakai dalam salah satu tokoh komik strip "Panji Koming", yaitu isteri sahabatnya: "Ni Dyah Woro Gembili".

Dalam bahasa Inggris gembili dikenal sebagai lesser yam.

Selain bisa dijadikan bahan makanan, ubi gembili mentah bisa diparut dan digunakan sebagai obat luka memar atau bengkak. Ubi gembili juga mengandung zat glukomanan yang berfungsi baik melawan kolesterol jahat.Gembili merupakan makanan yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Gembili dapat Anda rasakan manfaatnya dengan cara dikonsumsi Baik direbus atau pun digunakan untuk membuat bahan lainnya. Gembili hampir sama dengan singkong tekstur dari umbi Gembili hampir mirip dengan tekstur dari umbi Gembolo, hanya saja ukuran dari umbi Gembili lebih kecil daripada ukuran dari umbi Gembolo. Sedangkan batang umbi Gembili agar berduri.

Gembili memiliki berbagai manfaat untuk tubuh dan juga manfaat untuk membantu dalam produksi karena di dalam 100 gram grim Billy memiliki kandungan nutrisi yang sangatlah banyak. Kandungan nutrisi di dalam Gembili diantaranya 1,5 gram protein, 0,1 gram lemak, 49 mg fosfor, 22,4 gram karbohidrat, 95 kkl energi 1 mg zat besi, 14 mg kalsium, dan yang terakhir 4 mg vitamin C. Karena berbagai macam kandungan yang terdapat di dalam umbi talas sudah sangat jelas bahwa umbi Gembili memiliki banyak sekali manfaatnya. Adapun beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dari umbi Gembili adalah sebagai berikut.

Manfaat umbi Gembili untukKesehatan

1. Mengandung serat

Di dalam umbi Gembili memiliki kandungan serat yang tinggi yang di mana kandungan serat tersebut sangatlah dibutuhkan oleh manusia agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan karena kekurangan serat. Untuk itu bagi Anda yang menginginkan kebutuhan serat Anda tercukupi Anda dapat mengkonsumsi umbi Gembili ini.

2. Mengenyangkan perut

Umbi Gembili memiliki kandungan yang dapat bermanfaat sebagai pengganti nasi, sehingga dengan mengkonsumsi umbi Gembili saja Anda dapat merasakan kenyang seperti mengkonsumsi nasi.

3. Dijadikan bahan pembuat mie

Umbi Gembili tidak hanya dapat dikonsumsi dengan cara direbus, namun saat ini umbi gembili  juga dapat digunakan untuk bahan pembuat mie.

4. Dijadikan bahan pembuat kerupuk

Selain digunakan atau dijadikan sebagai bahan pembuat bumi ternyata umbi Gembili juga dapat dijadikan sebagai bahan pembuat kerupuk. Di zaman yang modern dan canggih ini banyak sekali bahan-bahan makanan yang dulunya hanya dapat dikonsumsi dengan cara direbus ternyata saat ini dapat dikonsumsi dengan cara diolah kembali menjadi makanan yang lain.

5. Digunakan sebagai pupuk hijau

Tidak hanya digunakan untuk kesehatan manusia saja, ternyata tanaman umbi Gembili terutama daunnya dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman lain dengan cara dibuat pupuk hijau.

6. Mengandung zat glukomanan
Di dalam umbi Gembili mengandung zat glukoma yang menyatu dengan protein. Yang dimana zat tersebut dapat digunakan untuk mengurangi kolesterol jahat yang terdapat di dalam tubuh. Jadi umbi Gembili ini baik dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki penyakit kolesterol. Sebab selain mengurangi kolesterol jahat umbi Gembili ini dapat digunakan untuk menetralkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.
7. Mengurangi kolesterol jahat

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ternyata umbi Gembili mengandung zat glukomanan yang di mana zat tersebut dapat digunakan untuk mengurangi kolesterol jahat pada daerah. Untuk itu umbi Gembili baik dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit kolesterol.

8. meningkatkan kolesterol baik

Selain dapat digunakan untuk mengurangi kolesterol jahat ternyata kandungan umbi Gembili juga dapat digunakan untuk meningkatkan kolesterol baik yang terdapat di dalam tubuh.

9. Menyehatkan pencernaan

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa ternyata di dalam umbi Gembili memiliki kandungan serat yang tinggi untuk itu umbi Gembili sangatlah baik dikonsumsi sebagai makanan penyehat pencernaan.
10. Menyehatkan mata

Selain digunakan untuk menyehatkan pencernaan ternyata umbi Gembili dapat digunakan untuk menyehatkan umbi Gembili dapat digunakan untuk menyehatkan mata, Sebab di dalam umbi Gembili mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjadikan mata lebih sehat.
11. Dijadikan sebagai ekstrak tepung

Tidak hanya dikonsumsi begitu saja ternyata ini juga dapat dijadikan sebagai ekstra tepung. Tepung yang dihasilkan dari umbi Gembili memiliki tekstur yang harus dan mengandung serat.
Itulah beberapa manfaat dari umbi Gembili yang akan anda dapatkan, Ternyata selain rasanya yang enak untuk Gembili memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh dan juga dapat digunakan untuk membuat berbagai macam makanan.*

*Diolah di Wikipedia dan berbagai sumber