Terapkan Prokes, Pemdes Kresek Salurkan BLT -DD Tahun 2021 Ke Warganya - aenews9.com

Breaking

Kamis, 24 Juni 2021

Terapkan Prokes, Pemdes Kresek Salurkan BLT -DD Tahun 2021 Ke Warganya

                          Pendaftaran KPM BLT DD Desa Kresek

AENEWS9.COM|| Madiun- Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap ke V yang bersumber dari anggaran Dana Desa Tahun 2021 kembali disalurkan oleh Pemdes Kresek, Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun kepada   Keluarga Penerima Manfaat (KPM) . 

Kegiatan yang dilaksanakan  di Balai pertemuan Desa Kresek dengan tetap mengikuti penerapan protokol kesehatan (Prokes) dihadiri oleh  Kepala Desa Kresek  didampingi oleh Babinsa, Bhabinkamtimas, pendamping desa, serta perwakilan Bank Jatim dan Keluarga Penerima Manfaat ( KPM),Kamis (24/6)

Sebagaimana di ketahui pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD) ini adalah progam pemerintah dalam membantu warga yang terdampak COVID -19 terutama bagi warga desa yang betul- betul layak membutuhkan.

                                   Kepala Desa Kresek, Karmin 

Kepala Desa Kresek,  Karmin menjelaskan  sesuai data  ada 114 Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ) BLT - DD Tahap V Tahun 2021. Untuk besaran penerimaan   bantuan sebesar RP.300 .000 rupiah perbulan, selama 12 bulan yang telah dianggarkan dari Dana Desa ( DD ) 2021.

"Alhamdulillah pembagian BLT dari desa sejak tahap pertama sampai tahap kelima berjalan dengan lancar, sesuai target waktu dan jumlah.Dengan besaran bantuan Rp.300.ribu,” kata Kades Kresek.

Selain itu  Karmin juga menjelaskan Sesuai Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, dimana Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 telah diamanatkan salah satu untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT).  Penetapan KPM BLT DD merupakan hasil Musdesus yang dilaksanakan oleh BPD sebelumnya, yang mana telah ditetapkan sebanyak 114 KPM warga Desa Kresek.

"Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD)  telah melalui musyawarah desa agar bantuan ini betul - betul tepat dan tidak salah sasaran,"kata Karmin,Kades Kresek.

Kepala Desa  Kresek juga menyampaikan, pemberian  BLT DD tersebut merupakan bentuk dari kepedulian pemerintah desa untuk meringankan beban dari masyarakat yang tidak mampu akibat terdampak pandemi COVID-19, dirinya berharap bantuan dari pemerintah tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kegiatan yang positif.

“Minimal mampu untuk meringankan beban masyarakat Desa Kresek dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Salah satu KPM yang sedang menerima BLT DD Tahap ke V

Pihaknya juga berpesan kepada masyarakat  agar tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19.

“Tetap patuhi prokes dengan  Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan  , agar dapat memutus mata rantai penularan virus Corona" pungkasnya.

Pelaksanaan pemberian BLT - DD berjalan tertib dan aman.( zm)