Pemdes Gemarang Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Menuju Masyarakat Sehat - Berita Terbaru

Breaking

Rabu, 09 Juni 2021

Pemdes Gemarang Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Menuju Masyarakat Sehat

    Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Desa Gemarang Kecamatan                 Gemarang Kabupaten Madiun

AENEWS9.COM || Madiun- Antusiame warga  Desa Gemarang Kecamatan, Gemarang, Kabupaten Madiun   sangat tinggi dalam mengikuti program vaksinasi massal Covid-19.Tercatat sudah hampir 700 warga yang suda divaksinasi .


Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, pemberian vaksin tersebut dilakukan pada Rabu (9/6/2021) yang tersebar di beberapa titik  diantaranya kantor desa,dusun Sejan, Beran, Gemarang dan  mundu.


Kepala Desa Gemarang Suprapti mengatakan vaksinasi ini diperuntukkan bagi lansia dan masyarakat yang merupakan tahap pertama  di desanya agar masyarakat dapat terhindar dari virus dan ini sekaligus menjadi prioritas desa dalam penanganan pencegahan virus Covid-19.

                                        Suprapti Kades Gemarang 

"Ini vaksinasi Covid-19 pertama bagi lansia dan masyarakat desa agar masyarakat desa Gemarang sehat ," kata Kades Gemarang kepada reporter AENEWS9.Com,Rabu (9/6).


Suprapti menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksin yang di gelar 9Juni  2021 ini mendapat sambutan  antusias warga, terbukti warga masyarakat berduyun- duyun mendatangi tempat yang telah di tunjuk  untuk pelaksanaan vaksin, sedangkan untuk kuota yang diberikan dinas kesehatan melalui puskesmas Gemarang kepada Desa Gemarang adalah 391  namun mengingat antusias warga untuk dapat vaksin sangatlah besar.  

" Alhamdulillah antusias warga Desa Gemarang sangat tinggi untuk vaksin, kuota yang di berikan Dinkes melalui  Puskesmas Gemarang untuk Desa Gemarang sebanyak 319,tetapi yang di vaksin melebihi kuota yang di tetapkan sekitar 700 yang sudah menjalani vaksin,"  terang Suprapti.

Namun, ia menekankan soal disiplin penerapan protokol kesehatan setelah vaksinasi. Warga desa diminta tetap menggunakan masker ketika bepergian, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

" Tetap waspada meskipun sudah di vaksin.Disiplin penerapan protokol kesehatan harus dijalankan," Tandasnya.



Hal itu dapat dilihat dari upaya Pemdes Gemarang yang terus melakukan tindakan pencegahan guna meminimalisir penyebaran wabah, terlebih saat ada warganya yang terpapar Covid-19 pada beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, bagi warga yang positif terpapar, pihak Pemdes juga telah memfasilitasi agar memperoleh penanganan medis. Sedangkan bagi warga yang diputuskan untuk isolasi diri, pihak Pemdes Gemarang juga turut memberikan bantuan sembako dan makanan.

Memang upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan oleh pemerintah, salah satunya dengan program vaksinasi Covid-19 nasional bagi seluruh masyarakat Indonesia. Vaksinasi Covid-19 ini bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok di masyarakat agar lebih sehat dan produktif.



Reporter: Zainul M