Dibalik Khasiat Obat Tanaman Patikan Kebo Yang Sering Di Anggap Tanaman Gulma - Berita Terbaru

Breaking

Minggu, 13 Juni 2021

Dibalik Khasiat Obat Tanaman Patikan Kebo Yang Sering Di Anggap Tanaman Gulma

Tanaman Patikan Kebo(Euporbia Hirta) yang sering dianggap gulma ternyata banyak mempunyai khasiat pengobatan ( foto istimewa) 



AENEWS9.COM|| Serba- Serbi- - Sering kita jumpai tanaman  berupa semak ini tumbuh  di padang rumput, di pinggir jalan, saluran air bahkan halaman rumah.Tanaman yang sering dikatakan gulma atau tanaman pengganggu ini bernama Euporbia Hirta atau orang biasa menyebut Patikan Kebo ternyata menyimpan segudang manfaat untuk pengobatan.


Patikan Kebo mudah diketemukan di segala musim baik musim kemarau maupun penghujan, meskipun di musim penghujan akan lebih mudah tumbuh.

Secara umum tanaman ini digunakan dalam ramuan  untuk mengobati berbagai penyakit termasuk parasit usus, diare, tukak lambung, mulas, muntah, disentri amuba, asma, bronkitis, demam, emfisema, batuk, pilek, batu ginjal, masalah menstruasi, sterilitas dan penyakit kelamin.


Berdasarkan riset penelitian dari berbagai perguruan tinggi  di Nusantara bahwa daun patikan kebo yang sering digunakan sebagai obat tradisional terbukti sebagai antiseptik alami untuk menyembuhkan luka karena  mengandung iodine atau kandungan zat antiseptik, zat  alkaloid, dan zat tanin.


Selain itu ekstrak daun patikan kebo juga bisa menjadi obat kumur. Sebab, daun patikan kebo mengandung senyawa-senyawa kimia tanin, fenol, saponin, flavonoid dan juga merupakan antibakteri terhadap bakteri Porphyromonas gingivalis. Porphyromonas gingivalis sendiri merupakan salah satu bakteri yang menyebabkan penyakit pada gigi.


Daun patikan kebo tak hanya bisa dipakai untuk mengobati suatu penyakit, tapi juga untuk mencegah penularan penyakit. Salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan angka kematian tinggi yaitu virus Dengue yang di tularkan kepada manusia melalui gigitan nyamuk Demam Berdarah Dengue (Aedes aegypti) betina. Ekstrak daun patikan kebo ini bisa menjadi pestisida nabati alami karena di dalam daun ini terdapat kandungan senyawa metabolit sekunder yang dapat berperan sebagai ovisida.


Jadi, tidak hanya bisa dijadikan sebagai obat herbal dengan cara dimakan, daun patikan kebo juga bisa dijadikan obat oles dan obat kumur. Selain itu, daun patikan kebo ini juga bisa menjadi pesitisida perusak telur-telur nyamuk pembawa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). (Red )



*(Berbagai sumber)