Antisipasi Banjir Musim Penghujan, Pemdes Sukorejo Bangun Drainase Dari Bantuan Keuangan Khusus Desa 2021 - Berita Terbaru

Breaking

Jumat, 04 Juni 2021

Antisipasi Banjir Musim Penghujan, Pemdes Sukorejo Bangun Drainase Dari Bantuan Keuangan Khusus Desa 2021

Pembangunan infrastruktur drainase di lingkungan RT09/RW03 dari Anggaran BKK Tahun 2021, guna antisipasi banjir di musim penghujan


AENEWS9.COM  || Madiun- Upaya mendukung pelaksanaan program pembangunan desa, Pemerintah daerah memberikan bantuan pembangunan, yaitu diberikan bantuan keuangan khusus (BKK) kepada desa.


Bantuan Keuangan Khusus adalah bantuan yang diberikan kepada desa berupa uang yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah yang peruntukannya dan pengelolaannya ditetapkan oleh pemerintah daerah.


Desa Sukorejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun adalah salah satu dari sekian desa yang sering mengalami kebanjiran jika musim hujan tiba.


Guna mengantisipasi banjir pemdes Sukerejo melaksanakan kegiatan infrastruktur pembangunan drainase yang bersumber dari Bantuan Khusus Keuangan  (BKK) Tahun 2021 senilai Rp 100 juta yang berlokasi di  Dusun Sukorejo RT 09 RW 03 dengan volume pekerjaan 150X 50 X 60cm.


Kepala Desa Sukorejo, Kushadianto melalui  Sekretaris Desa Prastyo Eko Cahyono mengatakan bahwa melalui dana BKK  dan atas usul serta musyawarah warga  pihaknya membangun infrastruktur Drainase di RT 09/ RW 03 guna mencegah banjir yang sering terjadi di kawasan tersebut.

                Kades Sukorejo Kushadianto


"Hampir setiap musim hujan tiba, dilingkungan RT09/ RW 03 selalu menjadi langganan banjir,” jelas Prastyo.


Prastyo melanjutkan Jika  sementara sistem drainase desa ini tidak diperhatikan akan sia- sia, Sebab  ketika  hujan debit air akan melonjak.  diharapkan dengan dibangunnya  saluran drainase  setidaknya dapat   menampung dan mengalirkan genangan air  di lingkungan tersebut.


"Setidaknya, ketika hujan deras, saluran drainase yang selesai di bangun ini bisa  menampung dan air tak lagi meluap menjadi genangan di lingkungan RT09/ RW03,  "tandasnya.    


sekdes  Sukorejo Prastyo Eko  Cahyono) menambahkan dengan adanya bantuan BKK dari Pemerintah Daerah seyogyanya dapat dipergunakan  dengan sebaik-baiknya Dengan harapan  pembangunan ini harus mengutamakan prioritas, bukan kemauan sehingga pembangunan tersebut benar- benar bermanfaat bagi masyarakat didesa.Pun ungkapan terima kasih masyarakat desa 

Sukorejo melalui Pemerintah Desa kami sampaikan atas bantuan progam Bantuan Khusus Keuangan ( BKK) desa kepada pemerintah daerah Kabupaten Madiun.


Selain itu dengan respon yang baik dan berperan aktif serta dalam mendukung program-program pembangunan desa yang sudah direncanakan bersama, dirinya mengharapkan kepada masyarakat agar melaksanakan pembangunan dengan kualitas yang baik, tepat guna dan tepat sasaran.


Reporter : Zain Mursid