Bantu Perekonomian Warga, Pemdes Desa Sareng Gelar Seminar Budidaya Belut - aenews9.com

Breaking

Selasa, 13 April 2021

Bantu Perekonomian Warga, Pemdes Desa Sareng Gelar Seminar Budidaya Belut

Antusias ibu-ibu PKK Desa Sareng dalam mengikuti seminar budidaya belut dan olahannya dari tim Dinas Pertanian Kabupaten Madiun


AENEWS9.Com, MADIUN - Untuk menambah wawasan minat berwirausaha pada masyarakat. Pemdes Sareng , Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun  menggagas Seminar Budidaya Belut di Aula Rekso Wilis Desa Sareng, Senin 12/4/2021.


Materi seminar budidaya tersebut disampaikan langsung oleh Tim dari Dinas Pertanian Kabupaten Madiun.


Kepala Desa Sareng, Budiono  mengatakan, pelatihan budidaya belut ini pertama kali dilaksanakan. Bertujuan sebagai wujud implementasi penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dalam pemberdayaan masyarakat.Selain itu sebagai  pengembangan pelatihan perekonomian masyarakat melalui kegiatan ibu-ibu PKK.


"Semoga pemberian pelatihan ini bermanfaat bagi warga khususnya ibu-ibu PKK Desa Sareng untuk belajar wirausaha  dalam peningkatan ekonomi keluarga dengan benar melalui sektor perikanan, yaitu budidaya Belut," kata Budiono.

                      Budiono Kepala Desa Sareng 

Masih menurut Budiono,Menurutnya di Desa Sareng ini sangat berpotensi untuk dijadikan tempat budidaya belut sehingga dapat membantu untuk menaikkan sisi perekonomian warga. 


"Budidaya belut ini sangat prospektif, hanya saja pengetahuan warga akan prospek dan pembudidayaannya masih sangat minim karena itu saya sangat peduli dan antusias terhadap pembudidayaan belut dan beserta olahannya dimana nantinya bisa menjadi  income tambahan bagi keluarga " ungkap  Kepala Desa Sareng.


Ditempat yang sama Sudarni, ketua Pokja III PKK Desa Sareng mengatakan kegiatan  seminar budidaya belut dan olahannya ini adalah inisiasi dari Bapak Kepala Desa agar ada kegiatan yang baru dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kegiatan PKK.



" Kegiatan ini adalah inisiatif dari Bapak Kepala Desa untuk pemberdayaan ekonomi khususnya peningkatan ekonomi keluarga melalui kegiatan PKK," Kata Sudarni.


Dirinya berharap  setelah adanya seminar tentang budidaya belut ini, masyarakat di Desa Sareng  khususnya ibu-ibu PKK dapat mencoba dan mengembangkan usaha pembudidayaan belut beserta  makanan olahan berbahan dasar belut yang nantinya   dapat menjadi penunjang ekonomi keluarga.


" Budidaya belut kedepanya bisa dikembangkan dan dapat menjadi penunjang ekonomi keluarga," ungkapnya.


Dalam seminar tersebut berbagai macam tata cara  berbudidaya belut yang benar dipaparkan.Mulai dari persiapan media yang dibutuhkan, pembuatan kolam, pembuatan pakan, cara memanen, hingga pemasaran.‬




Reporter: Zain Mursid


‪