Realisasikan DD 2021 Pemdes Dolopo Bangun Rabat Jalan Dusun Ngurawan - Berita Terbaru

Breaking

Selasa, 16 Maret 2021

Realisasikan DD 2021 Pemdes Dolopo Bangun Rabat Jalan Dusun Ngurawan


AENEWS9.COM, Madiun- Infrastruktur merupakan salah satu penghela ekonomi . Di mana nantinya dapat memberikan lapangan kerja dan meningkatkan kegiatan ekonomi.Tahun 2021 memang menjadi tantangan bagi pemerintah Desa  dalam melaksanakan program pembangunan ditengah pandemi Covid-19, tidak terkecuali di Pemerintahan Desa Dolopo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.


Meski penanggulangan Covid-19 menjadi tugas utama pemerintah Desa dalam serapan Dana Desa 2021, namun hal itu tidak menghentikan program pembangunan infrastruktur yang sudah menjadi prioritas Pemerintah Desa Dolopo.


Melalui Anggaran Dana Desa Tahun 2021 tahap Satu, Pemdes Dolopo dibawah pimpinan  Kepala Desa Sayektii, merealisasikan  pembangunan infrastruktur Rabat beton di dusun Ngurawan RT 45/RW 14 dengan volume  2,5X 0,)12X 70.0 Dangan dana Rp 27. 800.00. Pembangunan rabat beton tersebut dilakukan secara Padat Karya Tunai.

                   Sayekti Kepala Desa Dolopo Kabupaten Madiun

Sayekti, Kades Dolopo mengatakan dalam membangun jalan rabat beton ini, pihak Pemdes Dolopo tetap mengedepankan program padat karya. Artinya,  masyarakat desa yang mengerjakan pengecoran jalan hingga bahan material yang digunakan untuk pembangunan rabat beton, dan dibantu oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Dolopo. Karena progam tersebut merupakan prioritas pemerintah desa dan masyarakat dusun Ngrawan  karena jalan itu untuk akses wisata religi menuju makam pendiri desa dan gedung sekolah PAUD Cahaya Nusantara.

.

“Pembangunan rabat beton yang dikerjakan ini, adalah salah satu dari DD 2021 yang sebelumnya sudah dilakukan Musyawarah dusun (Musdus) dan dilanjutkan ke Musyawarah desa (Musdes). Maka saat ini, tinggal melaksanakan pembangunannya saja,karena akses jalan tersebut terdapat sekolah PAUD dan juga tempat wisata Religi", ungkap kades Sayuti. 



Sayuti melanjutkan pengelolaan dana desa tahun 2021 tersebut selain digunakan untuk merealisasikan pembangunan infrastruktur, juga difokuskan untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada masyarakat. Hal itu sesuai  tindak lanjut Permendes PDTT nomor 14 Tahun 2020.


Rampungnya pekerjaan Rabat Beton itu, masih kata Sayuti, tidak lepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat. Oleh karena itu, saya mengucapkan terimakasih atas partisipasi masyarakat Desa khususnya warga dusun Ngurawan.



“. Saya berharap, semua pihak dapat turut serta menjaga hasil pembangunan yang telah terwujud secara maksimal tersebut. Tanpa dukungan semua pihak, program yang kami laksankan sulit untuk dicapai. Karena itu, kami harap semua pihak dapat bekerjasama,” harapnya.




Reporter: Zain Mursid