Gandeng Peporma Danramil 0804/12 Lembeyan Tanami Porang di Lahan Tidur - Berita Terbaru

Breaking

Selasa, 30 Maret 2021

Gandeng Peporma Danramil 0804/12 Lembeyan Tanami Porang di Lahan Tidur

Danramil 0804/12 Lembeyan,Kapt.Inf Gunawan bersama ketua Peporma saat penanaman Porang di Markas Koramil lembeyan, senin29/3/2021  


AENEWS9.Com, Magetan- Danramil 0804/12 Lembeyan Kapten Inf   beserta Anggotanya melakukan penanaman bibit Porang di lahan tidur sekitar markas Koramil Lembeyan.Senin 29/3/2021 

Kegiatan tersebut dilakukan  bersama PEPORMA ( petani Porang Magetan) guna  mendukung budi daya tanaman porang sebagai tanaman ketahanan pangan.

Porang yang dikenal pula dengan nama Iles-iles merupakan tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri hari ini sedang meroket.Porang adalah komoditas unggulan yang berorientasi ekspor.



"Sebagai Komandan Koramil  bersama seluruh jajaran yang bersinergi dengan petani Porang Magetan ( Perporma), kami menyambut baik kegiatan pelaksanaan penanaman budidaya tanaman porang, sehingga lahan tidur yang berada di daerah Lembeyan   dapat dimanfaatkan dalam mendukung program ketahanan pangan, Budidaya tanaman Porang jika dikelola dengan baik bisa menjadi salah satu peluang penghasilan untuk meningkatan ekonomi masyarakat," ujar Danramil kepada media.


Berpijak dari hal ini, Dirinya  menilai, bahwa di daerah Lembeyan masih banyak lahan tidur yang belum dimanfaatkan secara maksimal .Pemanfaatan lahan tidur dengan di tanami Porang adalah 


"Artinya, pertanian Porang masih bisa menjadi harapan dalam pemanfaatan lahan tidur, khususnya wilayah Lembeyan, selain itu  budidaya tanaman Porang juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat jika di kelola dengan baik,"   jelas Danramil 0804/12 Lembeyan.

Banbinsa Desa Pupus, Supriyanto saat menanam porang di lahan warga desa pupus.

Melalui upaya sinergi dengan petani Porang Magetan khususnya yang dirintis dan dilakukan saat ini nantinya diharapkan mampu menghasilkan dan memberi manfaat serta kontribusi penyediaan pangan bagi masyarakat. Ke depan hal ini tidak hanya sebatas apa yang dilakukan oleh Koramil 0804/12 Lembeyan tetapi mampu menjadi stimulus bagi pihak lain dan masyarakat untuk melakukan hal yang sama agar dapat memanfaatkan lahan yang tersedia, untuk ditanami tanaman Porang dan akhirnya mampu memberi nilai tambah bagi kehidupan dan perekonomian masyarakat.



Ditempat terpisah Bintara pembina desa (Babinsa) Desa Pupus, Supriyadi juga melakukan kegiatan penanaman Porang di lahan kebun warga binaanya.Hal ini dilakukan sesuai instruksi dari Danramil Lembeyan dalam memberdayakan lahan kritis di desa sekaligus menjadi  edukasi dan mengenalkan pada masyarakat apa itu  tanaman Porang.


"Sesuai instruksi dari Danramil untuk mengajak masyarakat khususnya di daerah Lembeyan untuk menanami lahan tidur dengan tanaman porang sekaligus  mengenalkan tanaman Porang ," ujar Babinsa Supriyanto.

Senada diucapkan Sukatno ketua PERPORMA, bahwa masih banyak lahan tidur dan kritis di wilayah Magetan yang memang perlu di manfaatkan dengan salah satunya menanami tanaman Porang( SN )