Selo Gedong Surga Tersembunyi Dibalik Awan Lereng Wilis - aenews9.com

Breaking

Rabu, 06 Januari 2021

Selo Gedong Surga Tersembunyi Dibalik Awan Lereng Wilis




AENEWS9.COM
, MADIUN -Potensi pariwisata alam terus bermuculan, Selo Gedong adalah salah satu destinasi wisata alam yang baru mulai populer. Berlokasi di Dukuh Butuh, Desa Bodag, Kecamatan Kare, Selo Gedong merupakan tempat wisata di  Gunung Wilis yang menyimpan pesona keindahan alam tersembunyi.


Berada di ketinggian bukit dilereng pegunungan Wilis,Selo Gedong sesuai namanya 'Selo' yang berarti batu dan 'Gedong' berarti besar,( dalam bahasa Jawa)  puluhan batu alam berukuran besar yang tertata rapi secara alami seperti taman bunga.Diatas batu tersebut Pengunjung disuguhi pemandangan lembah Wilis yang indah bahkan Kota Madiun dapat terlihat dari atas.Jika cuaca cerah, konon Telaga Sarangan Magetan juga bisa terlihat jelas.

sembari berswafoto menikmati pemandangan dari ketinggian Selo Gedhong

Di atas batu -batu besar terhampar pengunjung bisa berswafoto  mengabadikan diri dengan latar belakang pemandangan alam yang indah dengan semilir angin yang sejuk.Dan bagi pecinta fotografi banyak obyek spot keren yang  bisa diabadikan melalui kamera.Konon di Selo Gedong ini  jika musim kemarau momen keindahan sunrise dan sunsite dapat dinikmati keduanya, jika disuatu tempat lain hanya memiliki sunrise atau sunsite saja.


Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi wisata Selo Gedong, pengunjung bisa menempuhnya dengan

menggunakan kendaraan roda dua maupun empat yang jarak dari pintu masuk sekitar 1,5 Km dengan medan yang sedikit ekstrim. Namun bagi yang tidak ingin berkendara sendiri tidak perlu kuatir, karena di pintu masuk juga terdapat jasa ojek.Atau jika pengunjung ingin sedikit berolahraga bisa melalui jalur pendakian sembari menikmati suasana sejuknya hawa dan indahnya pemandangan sekitar.Sebagai nilai tambah, di Selo Gedong terdapat pula akses menuju jalur pendakian Gunung Kukusan dan Manjatan .



Pengelola Selo Gedong, Imam Sunarji, mengatakan Wisata Selo Gedong ini menempati lahan perhutani di petak 18,19, dan 21 seluas 3 Ha, dan pengelolaanya di kelola LMDH ( Lembaga Masyarakat Desa Hutan)Desa Bodag yang berkerjasama dengan Perhutani Madiun.


Pembukaan wisata tersebut baru dilakukan sekitar 3 tahunan. Dan hingga kini terus dilakukan penambahan wahana-wahana untuk menambah daya tarik, seperti wisata kebun buah alpukat aligator,kebun anggrek,


"Rencananya akan di bangun pasar  berbagai jenis bibit tanaman termasuk anggrek juga akan kami bangun di area ini, supaya nanti bisa dijadikan oleh-oleh pengunjung," terang Imam Sunarji atau yang akrab disapa Mbah Dongkol


la menambahkan, untuk bahan baku jenis tanaman diambilkan dari warga sekitar. Sebab dari dulu hingga saat ini setiap rumah di sekitar wisata Selo Gedong sebagian besar telah memberdayakan berbagai jenis bibit tanaman.


Jika anda berkunjung ke Kabupaten Madiun tidak afdol rasanya bila belum mengunjungi Selo Gedong.



Reporter : Inung