Pemdes Semen Gelar Musrenbangdes Dalam Rangka Penyusunan RKPDes Tahun 2022 - aenews9.com

Breaking

Rabu, 27 Januari 2021

Pemdes Semen Gelar Musrenbangdes Dalam Rangka Penyusunan RKPDes Tahun 2022


AENEWS9.COM
Magetan -  Pemerintah Desa Semen Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan menggelar MusrenbangDes  dalam rangka penyusunan RKPDes tahun 2022 dilaksanakan sesuai  jadwal yang di sepakati oleh Tim Kecamatan Nguntoronadi Rabu( 27/1/2021) bertempat di Aula ruang rapat Kantor Desa Semen.


Tampak hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan, mengundang berbagai komponen dan Kelompok Masyarakat Desa, ketua BPD , Pendamping Desa, Bidan Desa, Babinsa/Babinkamtibmas Desa  dan Tokoh masyarakat.


MusrenbangDes dibuka langsung oleh Kepala Desa Semen, Edi  Subiyanto sekaligus mengucapkan Selamat Datang kepada rombongan Kecamatan  yang dipimpin langsung oleh Camat Nguntoronadi, Jaka Prastawa.


    Marzuki, Carik Desa Semen Saat paparan progam usulan dan susulan

Adapun yang  dibahas dalam MurenbangDes, yakni rencana penyusunan RKPDesa tahun2022, serta progam kegiatan di tahun 2021 dan yang akan menjadi prioritas, serta evaluasi kegiatan di Tahun 2020 yang sudah dan belum terlaksana. Keterbukaan dan transparansi dalam pelaksanaan program pemerintah Desa Semen, menjadi hal yang wajib demi terwujudnya Desa Semen yang maju dan sejahtera.

                         Kades Semen, Edi Subiyanto 

Diawal pembukaan MusrenbangDes, Kepala desa Semen melaporkan gambaran umum pelaksanaan pembangunan Desa, baik yang sudah maupun yang belum terealisasi yang tertuang dalam RPJMDesa pada RKPDesa. Dimana pembangunan Desa di masing-masing sektor masih tertunda akibat terjadinya wabah Covid19. “Pembangunan Masih di fokuskan di bidang penanganan covid -19 dalam pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap masyarakat yg terdampak dari wabah Covid19 penyebab terpuruknya perekonominan”. Ucap Edi Subianto.

                          musrenbangdes  desa Semen 

Kepala Desa Semen mengungkapkan prioritas  untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat tetap dilaksanakan sesuai usulan masyarakat seperti aspal hotmik di 3 dusun ( Apbdes) pemberdayaan kelompok tani  dengan pemberian bantuan benih ( APBD), Bantuan RTLH di 4 titik , bantuan  untuk mushola dan masjid ( APBDes) serta beberapa kali usulan terkait lampu penerangan jalan Gorang-gareng sampai Semen, serta aspal Hotmik Pojok- Senen- Gorang-Gareng ( APBD)



Camat  Nguntoronadi , Jaka Prastawa yang hadir dalam MusrenbangDes menyampaikan beberapa hal. Dimana beliau menekankan pelaksanaan MurenbangDes hari ini diharapkan bisa menetukan atau mengsulkan apa yang menjadi usulan sekala Prioritas pembangunan, 

“Kami minta untuk mengemas kegiatan MusrenbangDes ini untuk lebih bermanfaat, mengedepankan Sekala Prioritas Pembangunan secara demokrasi, menyepakati RKPDes 2021 usulan Perioritas sekala Desa, membuat data usulan yang nantinya diusulkan di MusrenbangCam ,Ucap Camat

Jaka Prastawa.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan, dimasa Pandemi Covid19, sudah pasti banyak kegiatan pembangunan yang tertunda. Dimana Dana Desa masih di peruntukan untuk BLT, bantuan langsung tunai terhadap masyarakat yang terdampak Covid19. Maka untuk menyeimbangi pembangunan Desa yang menjadi sekala kewenangan Kabupaten, agar di data dan diusulkan melalui MusrenbangCam sesuai bidangnya,Imbuhnya.


Disisi lain, Camat Nguntoronadi berpesan dimasa pandemi Covid19 Pemdes Desa Semen agar tidak henti-hentinya memberikan edukasi ke pada warga, agar selalu mengikuti Protokol Kesehatan.  tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dalam Tatana Kehidupan Era Baru. 


Akhir MusrenbangDes dilanjutkan dengan pemaparan usulan Sekala Prioritas oleh Sekretaris Desa  Semen, Marjuki sekaligus menyepakati dari usulan-susulan di masing Bidang, baik bidang fisik, bidang ekonomi dan bidang Sosial dan Budaya. Musrenbang Desa berjalan lancar, dengan tetap mengikuti Protokol kesehatan



Reporter:  Inung