INFO TERKINI
Home » » Wilson Lalengke Menjadi Narasumber pada Webinar Nasional PPKN Universitas Riau

Wilson Lalengke Menjadi Narasumber pada Webinar Nasional PPKN Universitas Riau

AENews9.com Jakarta – Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA didaulat menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Webinar Nasional bertema “Aktualisasi Pembelajaran PPKn di Era New Normal” yang diadakan secara online menggunakan aplikasi ZOOM Meeting, Sabtu, 13 Juni 2020. Kegiatan yang menghadirkan 3 orang narasumber itu dilaksanakan oleh Ikatan Alumni PPKn Universitas Riau (IKA PPKN Unri) bekerjasama dengan Program Studi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unri, Pekanbaru.

Wilson Lalengke yang merupakan salah satu alumni dari Prodi PPKn Unri ini membawakan materi dengan judul “Pembelajaran PPKn Dunia Maya, Rekayasa Karakter Keluarga”. Sementara itu, narasumber lainnya, Dr. Hambali, mempresentasekan tentang penerapan pembelajaran PPKn di Era New Normal. Narasamuber lainnya, Dr. Epi Saepudin berbicara tentang Strategi Pembelajaran PPKn di Era New Normal.


  • Webinar Nasional yang dipandu oleh Dr. Suyitno dari UAD Yogyakarta ini diikuti hampir 200-an peserta dari berbagai daerah. Menurut laporan panitia, peserta yang umumnya para guru PPKn itu berasal dari 4 pulau besar di Indonesia, yakni dari Sumareta, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. “Berdasarkan absensi yang diterima panitia, para peserta kegiatan Webinar Nasional ini terseb

ar dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi,” ujar Drs. Sahirman, M.H, Ketua IKA PPKn FKI Unri sesaat sebelum menutup acara Webinar.

Dalam pemaparannya, Wilson Lalengke menekankan pentingnya melibatkan peran keluarga secara aktif dalam pembelajaran PPKn di masa yang akan datang ini. “Pembelajaran PPKn di dunia maya di era new normal pada hakekatnya adalah memindahkan kelas ke rumah masing-masing siswa. Oleh karena itu, pelibatan seluruh anggota keluarga peserta didik, seperti ibu, ayah, adik, abang, kakak, kakek, nenek, dan lain-lainnya, adalah mutlak dan sangat penting,” demikian intisari dari pemaparan Wilson yang merupakan Lulusan PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti acara ini. Room meeting di aplikasi ZOOM tidak mencukupi, dan untuk menyiasatinya, panitia menyediakan channel YouTube khusus untuk kelebihan peserta yang juga ingin mengikuti acara webinar tersebut. “Menurut saya pembelajaran PKn akan efektif jika didukung oleh ketahanan keluarga, terlebih saat ini karena keluarga yang utama dan pertama,” tulis salah satu peserta, Ibu RR Nanik Setyowati di channel Youtube Webinar.

Peserta lainnya memberikan komentar tentang materi dan presentase yang disampaikan para narasumber. Van E. Taarpe, misalnya, mengomentari positif terhadap presentase dari Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke. “Materinya bagus Pak Wilson, sesuai dengan konteks saat ini,” tulis Taarpe di chanel Youtube yang sama.

Berikut, resume rekaman presentase “Pembelajaran PPKn Dunia, Rekayasa Karakter Keluarga” yang dibawakan oleh Wilson pada Webinar Nasional dimaksud. (APL/Red)

https://www.youtube.com/watch?v=MTVdZVHehxg

3 komentar:

  1. Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slot online di situs QQHARIAN (bisa cari atau search di google) ya guys. Yang dimana menyediakan Berbagai Bonus baik new member maupun member setia kami. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di QQHARIAN serta ambil bonusnya sekarang juga.

    ReplyDelete
  2. kalu #dirumahaja pastinya lagi jenuh dan bosan sekali di masa pandemi corona ini ya guys? tetap tenang dan kuasai keadaan dgn buka google lalu cari atau search QQHarian lalu mainkan berbagai gamenya utk melawan rasa jenuh dan bosan anda.

    ReplyDelete
  3. QQHarian Hadirkan Promo Yang lagi HOT Banget neh. Ansuransi Modal Awal 100% Full klaim gak pake RIBET serba AUTO Dan masih banyak Promo lain antaranya yang juga lagi HOT EXTRA BONUS 200% guys. Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat, bisa cari/search di google ya guys.

    ReplyDelete

MEDIA GROUP